Kompor Listrik vs LPG, Dicek Bunda Irit Mana?

Selasa, 09 Maret 2021 - 20:16 WIB
loading...
Kompor Listrik vs LPG, Dicek Bunda Irit Mana?
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN mendorong agar masyarakat bisa beralih menggunakan peralatan yang berbasis kelistrikan. Salah satunya adalah dengan penggunaan kompor listrik .

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan, penggunaan kompor listrik jauh lebih hemat dibandingkan kompor yang menggunakan gas. Bahkan dirinya menyebut penggunaan kompor induksi lebih hemat 30% dibandingkan menggunakan LPG atau gas.

"Kompor induksi kalau yang penting untuk kepentingan pelanggan bisa lebih hemat 20-30%. Dibandingkan pakai LPG (kompor gas)," ujarnya saat ditemui di Kantor PLN Pusat, Selasa (9/3/2021).

Baca Juga: Dianggap Antek China, Begini Reaksi Luhut

Menurut Bob, penggunaan kompor induksi juga membantu pemerintah untuk mengurangi impor gas. Seperti diketahui, Pertamina sendiri berencana untuk membuka kembali keran impor LPG pada tahun ini dengan volume 7,2 juta metrik ton

Selain itu, penggunaan kompor listrik juga bisa meminimalisir bahaya kebakaran. Meskipun memang ada beberapa kompor gas juga yang aman dari bahaya meledak. "Itu (penggunaan kompor listrik) kita dorong trus penggunaanya. Menghindari impor walau ada sebagian yang subsidi, bersih aman dari meleduk dan sebagainya," ucapnya.



Apalagi lanjut Bob, pihaknya juga sudah memproteksi kompor listrik ini bisa nyaman an aman untuk digunakan. Bob menambahkan, pihaknya menargetkan bisa mencapai target 1 juta kompor listrik tahun ini. "Kita juga ada proteksinya untuk listrik. Kita harapkan 1 juta di tahun ini karena bsa hemat impor LPG yang luar biasa," ucapnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1486 seconds (0.1#10.140)