Dukung Pemulihan Ekonomi, PGN Dorong UMKM Pakai Gas Bumi

loading...
Dukung Pemulihan Ekonomi, PGN Dorong UMKM Pakai Gas Bumi
Ilustrasi. FOTO/PGN
JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara (Tbk) sebagai Subholding Gas PT Pertamina (Persero) berkomitmen turut mendorong pemulihan ekonomi melalui penggunaan gas bumi bagi UMKM dan Hotel yang lebih efisien. Hingga awal Maret 2021, PGN menyalurkan gas bumi ke 11 pelanggan baru sektor pelanggan kecil atau bisa disebut dengan UMKM dan satu pelanggan komersial PT Global Capital Land yang bergerak di bidang perhotelan.

Area Head Medan Saeful Hadi mengungkapkan bahwa 11 pelanggan baru ini merupakan UMKM di bidang rumah makan, laundry dan lain-lain. Jumlah pelanggan baru akan terus bertambah, karena ada calon-calon pelanggan yang sedang disasar oleh PGN Area Medan. "PGN masih memproses calon-calon pelanggan baru. Saat ini dua UMKM sedang diproses penyelesaian pemasangan infrastruktur gasnya," kata Saeful.

Baca Juga: PGN Tingkatkan Pasokan Gas ke Pembangkit Muara Tawar

Sudah lebih dari 33.000 pelanggan rumah tangga di Medan telah menikmati gas bumi melalui jargas. Dengan banyaknya infrastruktur pipa jargas yang telah terpasang sudah dimanfaatkan oleh UMKM. Tercatat sudah ada sekitar 400 Pelanggan Kecil yang telah menggunakan gas bumi sebagai bahan bakar. Selain itu, juga ada 141 pelanggan di sektor Komersial Industri.



PGN optimis bahwa jumlah pelanggan akan terus bertambah di tengah kondisi perekonomian saat ini yang sudah mulai membaik, gas bumi dapat menjadi solusi terbaik. Nilai lebih gas bumi, yaitu harga terjangkau sehingga lebih efisien, ramah lingkungan, dan ketersediaan gasnya terjamin karena gas mengalir 24 jam non-stop. Pelayanan Gangguan juga siap 24 jam 7 hari seminggu dengan menghubungi Call Center 1500645.

"Alasan menggunakan gas bumi pertama lebih hemat. Kedua, lebih praktis. Ketiga lebih ramah lingkungan. Bisa juga mendukung pemerintah, karena ini (jargas) kan dari pemerintah," ujar Fransisca Khoesuma selaku pemilik YSL Laundry.

Baca Juga: PGN Pasok Gas Bumi di Kawasan Industri Kendal

Apalagi dimasa pasca pandemi, UMKM ataupun industri sudah mulai bangkit kembali. Perkembangan ekonomi yang semakin positif ini memacu PGN memperluas jangkauan penyaluran gas bumi, khususnya untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Targetnya, UMKM lainnya dapat mengikuti jejak 11 UMKM yang sudah menggunakan gas bumi ini. Saat ini PGN Area Medan sedang mengembangkan jaringan gas bumi sekitar Jalang Ring Road Gagak Hitam untuk melayani Pelanggan Kecil, Pelanggan Komersial dan Industri," imbuh Saeful.

PGN terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, agar bisnis berkembang dan kenyamanan menggunakan gas bumi selalu dirasakan. Di masa pandemi COVID-19, semua tim tetap saling berkordinasi. Pelayanan tetap dimaksimalkan, walau tanpa adanya tatap muka langsung dengan pelanggan seperti sebelum pandemi. Namun untuk pekerjaan yang bersifat teknis atau operasional di mana petugas harus terjun ke lapangan, tetap diusahakan untuk menjaga jarak dan menggunakan alat perlindungan diri sesuai protokol penanganan COVID-19.



"Adanya efisiensi biaya produksi dapat dimanfaatkan untuk pengembangan usaha dan menyerap tenaga kerja di sekitar lokasi usaha. Dengan begitu akan berdampak baik untuk perkembangan ekonomi wilayah Medan," tutup Saeful.
(nng)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top