Tulis Buku Jokowi, Darmawan Prasodjo Ungkap Sisi Lain Kebijakan Pemerintah

Jum'at, 12 Maret 2021 - 21:54 WIB
loading...
Tulis Buku Jokowi, Darmawan Prasodjo Ungkap Sisi Lain Kebijakan Pemerintah
Sampul depan buku Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia. FOTO/DOK SINDO
A A A
JAKARTA - Awal Maret 2021 lalu, buku berjudul “Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia” yang ditulis oleh Darmawan Prasodjo resmi diterbitkan. Penulis yang kini menjabat Wakil Direktur Utama PT PLN (Persero) itu mencoba menyampaikan sisi lain yang melatarbelakangi munculnya berbagai kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Berbekal sebagai ‘orang dalam’ yakni menjadi Deputi I Kepala Staf Kepresidenan selama lima tahun, Darmawan Prasodjo turut menjadi saksi perumusan dan pengambilan kebijakan pemerintahan Jokowi pada periode pertama 2014-2019.



Menurut Darmawan, berbeda dengan buku-buku mengenai Jokowi sebelumnya, buku ini bukan biografi seorang Jokowi maupun buku teknokratik yang kaku tentang kebijakan pembangunan. “Saya mencoba menggali lebih dalam kebijakan-kebijakan penting selama pemerintahan Presiden Jokowi periode pertama, mengapa dan bagaimana kebijakan tersebut lahir,” kata Darmo, panggilan akrab Darmawan Prasodjo dalam keterangan tertulisnya Jakarta kemarin.

Dia mengakui, selama ini berbagai kebijakan penting dan strategis yang dirumuskan melalui instrumen pemerintahan kehilangan roh yang melandasinya. Ini karena lebih mengedepankan proses perencanaan, penganggaran, dan pengelolaan di sisi birokrasi.

“Kita sering menjumpai kebijakan penting yang diambil Pak Jokowi, yang muncul dan menjadi perbincangan publik adalah soal angka-angka, soal skema, dan soal-soal teknis lainnya,” ujar Darmo.



Oleh karena itu, dia mencoba menggali berbagai kebijakan tersebut dengan menelisik jauh ke belakang, yakni dengan mengidentifikasi karakter-karakter Jokowi yang membentuk pikiran dan sikap hidupnya yang mempengaruhi cara pandang kebijakannya ketika sudah menjadi seorang pemimpin bangsa.

Darmo mengatakan, dirinya sebelumnya tidak terlalu mengenal kehidupan masa lalu Jokowi, karena hampir 20 tahun tinggal di Amerika Serikat (AS) dan jauh dari urusan politik. Selain itu, kultur politik di AS juga sedikit banyak berbeda dengan di Indonesia. Sehingga, untuk dapat menulis seperti yang diinginkannya, Darmo melakukan studi literatur tentang apa dan siapa Jokowi di masa lalu.

“Saya bertemu dan berdiskusi dengan orang-orang terdekat beliau, sambil mencoba mencari keterhubungan antara karakter-karakter yang saya identifikasi, dengan kebijakan Pemerintah ketika saya selama lima tahun berada di lingkungan Istana,” papar Darmo yang selama lima tahun membidangi urusan energi dan infrastruktur di Kantor Staf Presiden.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1957 seconds (0.1#10.140)