Mirip Kongo, Lima Daerah di Indonesia Ini Juga Kaya Emas!

Senin, 15 Maret 2021 - 11:52 WIB
loading...
Mirip Kongo, Lima Daerah di Indonesia Ini Juga Kaya Emas!
Indonesia sejak dulu terkenal sebagai salah satu negara penghasil emas berkualitas terbaik dunia. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Saat ini dunia dihebohkan dengan penemuan gunung emas di sebuah desa di Provinsi Kivu Selatan, Republik Demokratik Kongo. Penemuan itu menimbulkan demam emas yang memaksa pihak berwenang Kongo menjaga ketat aktivitas penambangan untuk menghindari eksploitasi berlebihan.



Namun, tahukah Anda bahwa Indonesia juga memiliki sejumlah daerah yang kaya akan logam mulia ini? Bahkan, penambangan emas di Indonesia juga terkenal di dunia dengan kualitasnya yang baik. Mengutip ceicdata.com, rata-rata produksi emas Indonesia dari 1990-2020 per tahun rata-rata mencapai 91,7 ton.

Sementara itu, mengutip PT Agincourt Resources, berikut lima daerah tambang emas terbaik yang ada di Indonesia:

1. Papua
Daerah penghasil emas terbesar di Indonesia adalah di Tembagapura, Mimika, Papua. Tambang emas yang dikelola oleh PT Freeport Indonesia sejak tahun 1967 di daerah itu sangat produktif, terbukti dengan penambangan yang telah berlangsung selama puluhan tahun. Di tahun 2020, penjualan emas PTFI dilaporkan sebesar 842 ribu ons.



2. Sumbawa
Di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), tepatnya di Batu Hijau, penambangan mineral telah dilakukan sejak tahun 2000 oleh Newmont yang kini dikenal dengan Amman Mineral. Kegiatan produksi dan operasi sejak itu telah memproduksi sekitar 3,6 juta ton tembaga serta 8 juta ounces emas.

3. Dompu
Masih di Nusa Tenggara Barat (NTB), daerah ini juga didapuk menjadi salah satu daerah dengan sumber mineral tertinggi di Indonesia, terbukti dengan langgengnya penambangan emas di provinsi ini. Hingga tahun 2020 tercatat dua perusahaan penambangan besar telah hadir di Nusa Tenggara Barat.

4. Martabe
Tambang emas Martabe merupakan spot emas murni terbesar yang ada di Kawasan Sumatera Utara. Berlokasi di Batang Toru, Sumatera Utara, penambangan sudah dimulai sejak tahun 2008. Hingga saat ini profit yang didapatkan dari penambangan emas Martabe terus meningkat, yaitu mencapai angka 350 ribu ons setiap tahunnya.

4. Pongkor
Pongkor adalah salah satu daerah penghasil emas murni di Pulau Jawa yang terkenal sejak lama. Kegiatan penambangan yang sudah dimulai sejak tahun 1994 di Jawa Barat ini dikelola oleh PT Antam Tambang Tbk. Penambangan Antam di daerah Pongkor akan habis kontrak di tahun 2021. Kendati begitu, pihak Antam menyatakan akan memaksimalkan produksi emas murni dengan target mencapai kapasitas 2 ton setahun.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1611 seconds (0.1#10.140)