39 Juta Ibu Rumah Tangga Berpotensi jadi Womanpreneur

Minggu, 14 Maret 2021 - 10:11 WIB
loading...
39 Juta Ibu Rumah Tangga Berpotensi jadi Womanpreneur
Pelaku UMKM perempuan. Foto/Dok SINDOphoto/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Peran perempuan dalam dunia bisnis terus menunjukkan peningkatan. Di Indonesia saat ini terdapat sekitar 22 juta dari total 85 juta perempuan Indonesia yang aktif dalam berbagai kegiatan wirausaha.

Sejatinya, potensinya jauh lebih besar dari angka tersebut. Untuk itu, diperlukan dukungan dan pelatihan untuk mendorong perempuan masuk ke dunia wirausaha.

Asdep Pengarusutamaan Gender Bidang Ekonomi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA), Eni Widiyanti mengatakan, dari 102 juta perempuan usia kerja di Indonesia, yang bekerja baru sekitar 48%-nya atau sekitar 49 juta orang.



Selain 49 juta perempuan bekerja, lanjut Eni, porsi yang juga besar adalah kategori perempuan yang mengurus rumah tangga, di mana jumlahnya sekitar 39 juta orang.

"Ini potensi. Jadi, potensi perempuan untuk diajak atau diberikan kesempatan untuk pelatihan, bagaimana dia berkarya, jadi wirausaha perempuan ini sangat besar," ujarnya dalam diskusi virtual, dikutip Minggu (14/3/2021).

Dia mengungkapkan, saat ini tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) wanita di Indonesia baru sekitar 53,13%. "Kalau 39 juta perempuan tersebut bisa punya usaha artinya bisa nambah sampai 80% perempuan masuk ke partisipasi angkatan kerja," sebut dia.



Lanjutnya, dengan semakin banyaknya perempuan menggeluti dunia usaha alias womanpreneur, kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia juga akan semakin meningkat.

Executive Director Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE), Maya Juwita menambahkan, pemberdayaan ekonomi perempuan bukan hanya dari dunia kerja tapi juga wirausaha.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1525 seconds (0.1#10.140)