Awas! Bank BTN Bakal Cek Kualitas Rumah Subsidi

Rabu, 17 Maret 2021 - 19:02 WIB
loading...
Awas! Bank BTN Bakal Cek Kualitas Rumah Subsidi
Ilustrasi. FOTO/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus mendorong penyaluran rumah subsidi yang berkualitas dan bukan cuma sekedar kuantitas semata sehingga masyarakat yang tinggal di rumah subsidi ini bisa nyaman dan aman.

Kepala Divisi Subsidized Mortgage Lending Division PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. alias Mochamad Yut Penta mengatakan, pihaknya sangat mendukung upaya pemerintah untuk memberikan rumah yang berkualitas kepada masyarakat. Ada beberapa dukungan Bank BTN dalam pemenuhan kualitas hunian misalnya adalah dengan dukungan kerja sama.

"Bank BTN melakukan screening dan penilaian terhadap marketabilitas proyek perumahan, legalitas proyek perumahan, perizinan bangunan gedung dan kompetensi pengembang," ujarnya dalam acara Webinar 'Memastikan Efektivitas SiPetruk Dalam Penyediaan Rumah Rakyat Berkualitas' Forwapera, Rabu (17/3/2021).



Lalu dukungan penjualan dengan memastikan spesifikasi rumah dan PSU yang dijual telah sesuai dengan PKS yang telah disepakati. Selain itu juga dengan cara pemrosesan dan analisa kredit, persetujuan dan akad kredit, dan monitoring serta pembinaan.

"Jumlah unit yang banyak dan paperwork yang kompleks membutuhkan proses verifikasi yang berbasis digital agar efisien seperti aplikasi SiPetruk. Teknologi geo tagging dapat menjadi pilihan untuk mengantisipasi jangkauan lokasi yang luas. Aplikasi bagi pengguna diharapkan berbasis low code solution dan user friendly," jelasnya.



Sementara itu, Business Development Head PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF, Harya Narendra mengatakan, pihaknya sangat mendukung aplikasi SiPetruk karena akan sangat membantu SMF. Pasalnya, SMF tidak hanya mendukung dari sisi pendanaan tetapi juga monitoring bersama BLU PPDPP dan perbankan.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1770 seconds (0.1#10.140)