Jadi Mitra Resmi Hannover Messe 2021, Ini Peluang Besar Bagi Industri RI

Rabu, 17 Maret 2021 - 19:39 WIB
loading...
Jadi Mitra Resmi Hannover Messe 2021, Ini Peluang Besar Bagi Industri RI
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Partisipasi Indonesia sebagai negara mitra resmi (official partner country) pada penyelenggaraan Hannover Messe 2021 dinilai merupakan salah satu momen penting dalam mempromosikan kemampuan teknologi industri di tanah air.

Selain itu, diyakini dapat membawa peluang besar bagi Indonesia dalam menarik investasi dan memperluas pasar ekspor sektor industri, sehingga mendorong pemulihan ekonomi nasional.

“Kami melihat pentingnya event ini tidak hanya sebagai ajang branding nasional, tetapi juga untuk mengakselerasi peningkatan kapabilitas sektor manufaktur dan pembangunan infrastruktur digital di Indonesia,” kata Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kementerian Perindustrian, Eko S.A. Cahyanto di Jakarta, Rabu (17/3/2021).



Dirjen KPAII berharap, gelaran Hannover Messe 2021 dapat pula membuka pandangan pelaku industri global tentang potensi besar Indonesia dalam menjalin kemitraan menuju transformasi industri 4.0.

“Menjadi official partner country merupakan peluang besar bagi Indonesia untuk mewujudkan visi industrinya dan memperkenalkan road map Making Indonesia 4.0 kepada masyarakat dunia,” ungkapnya.

Pelaksanaan Hannover Messe tahun ini akan diselenggarakan sepenuhnya secara digital pada 12-16 April 2021. Format baru digital tersebut menyesuaikan dengan kondisi saat ini sebagai dampak pandemi Covid-19. Namun demikian, Kemenperin optimistis terhadap berbagai manfaat yang diterima Indonesia khususnya para pelaku industri nasional yang terlibat.

“Kami yakin, edisi perdana Hannover Messe dalam format full digital ini dapat menyukseskan Indonesia dan Jerman di berbagai bidang industri yang prospektif,” ujar Eko.



Di samping itu, kemajuan teknologi atau digitalisasi, akan membantu pelaksanaan pameran internasional terbesar untuk teknologi industri ini berjalan dengan mudah dan efektif.

Saat ini, Indonesia berpacu dengan waktu untuk menyiapkan para peserta pameran teknologi utama, presentasi produk, dan konferensi atau seminar untuk berpartisipasi dalam Hannover Messe 2021: Edisi Digital. “Kami berharap dengan format baru kegiatan ini, kami dapat terhubung kembali, berkolaborasi dalam mencari solusi untuk transformasi industri,” imbuhnya.

Dari hasil kurasi, telah terpilih sekitar 156 peserta pada gelaran Hannover Messe 2021. Mereka terdiri dari perusahaan industri skala besar, industri kecil menengah dan startup, kawasan industri, asosiasi industri, BUMN, serta kementerian dan lembaga.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1864 seconds (0.1#10.140)