Kasus Uang Nasabah Hilang Masalahnya di Sistem Bank Masing-Masing

Minggu, 21 Maret 2021 - 21:36 WIB
loading...
Kasus Uang Nasabah Hilang Masalahnya di Sistem Bank Masing-Masing
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengamat ekonomi dari CORE Indonesia Piter Abdullah menilai, ramainya berita uang nasabah yang hilang harus dilihat sebagai kesalahan individu bank. Sehingga yang harus dibenahi adalah sistem bank tersebut dan tidak membutuhkan kebijakan baru dari otoritas.

"Untuk kasus uang hilang ini bukan ketentuan pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang dibutuhkan, tetapi perbaikan di sistem banknya," kata Piter saat dihubungi MNC Portal Indonesia di Jakarta (21/3/2021). ( Baca juga:Soal Uang Nasabah yang Hilang, OJK Sebut Itu hanya Akal-Akalan )

Lebih lanjut dia mengatakan, kebijakan yang dibutuhkan seharusnya seputar perlindungan konsumen. Masih banyak celah dalam perlindungan konsumen yang belum dipenuhi perbankan. ( Baca juga:Haram tapi Boleh? Ini Penjelasan KH Cholil Nafis tentang Vaksin Astrazeneca )

"Kalaupun diperlukan penguatan menurut saya ketentuan perlindungan konsumen atau nasabah yang harus ditingkatkan," katanya.

Menurutnya, dalam ketentuan OJK sudah jelas untuk kasus-kasus uang nasabah yang hilang harus dibuktikan kejelasannya. "Bila terbukti hilangnya uang tersebut adalah kesalahan bank maka bank wajib mengganti," imbuhnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)