Membuat Kitchen Set Ideal, Butuh Desain dan Sesuai Ukuran Dapur

Rabu, 20 Mei 2020 - 07:55 WIB
loading...
Membuat Kitchen Set Ideal, Butuh Desain dan Sesuai Ukuran Dapur
Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Mimpi punya kitchen set keren tapi harga terjangkau, bisa saja terwujud. Dengan pemilihan bahan yang semakin beragam, Anda bisa memesan sesuai desain dan ukuran dapur Anda.

Dapur adalah salah satu ruang dalam rumah yang cukup kompleks. Di dalamnya ada aktivitas mencuci sayuran, mengiris bawang, memasak, menyiapkan piring dan lainnya. Masing-masing aktivitas ini membutuhkan media atau alat.

Karena itu, dapur biasanya terdapat kompor, rak piring, rak botol, tempat menyimpan sendok, gelas, tempat mencuci sayuran, memotong sayuran, dan masih banyak lagi. Beragam aktivitas dan banyaknya benda-benda di dalamnya membuat dapur harus ditata dengan baik.

Untuk itulah biasanya kitchen set hadir yang membuat semua piring tersimpan dengan rapi dan bersih di dalam cabinet. Tabung gas juga tertutup pintu yang cantik, serta sedok dan garpu tertata di dalam laci.

Selain itu, karena saat ini dapur biasanya terbuka ke arah ruang makan atau bahkan ruang keluarga, kitchen set yang cantik juga ikut mempercantik tampilan interior rumah.

Memiliki kitchen set yang cantik, bagus, dan murah adalah dambaan setiap orang yang sudah memiliki rumah terutama orang yang memiliki tugas memasak. Tapi kitchen set bermerek harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. (Baca: Industri Properti Akan Lebih Baik di Tahun Tikus Logam)

"Kalau mau kelasnya yang terlihat keren dengan harga terjangkau, sekarang ada banyak pembuatan kitchen set di dekat perumahan. Biasanya tokonya kecil, hanya memajang 2 atau 3 contoh. Pembuat kitchen ini biasanya memiliki harga yang ramah di kantong. Hanya semua itu tetap tergantung dari bahan yang digunakan," jelas desainer interior, Budi Pradono.

Budi menambahkan, kitchen set kelas menengah umumnya terbuat dari bahan multipleks 18 mm. Namun, bahan material ini punya banyak kekurangan, salah satunya tampilannya yang kurang cantik.

Untuk itu, di sinilah gunanya pelapis luar untuk menutupi kekurangan bahan kitchen set. Ada 3 pelapis bahan luar yang bisa digunakan, yaitu tacon, PVC, dan veneer. Tacon dan PVC tersedia dalam berbagai pilihan warna, sedangkan veneer biasa di-finishing dengan cat semprot melamik.

"Bahan lain yang juga biasa digunakan untuk kitchen set adalah blockboard, particle board, dan MDF (medium density fiber). Blockboard biasanya diapisi kayu jati atau sungkai," jelas Budi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0964 seconds (0.1#10.140)