Penerapan Akuntansi Akrual Sudah Dilirik Banyak Negara, Ini Manfaatnya

Sabtu, 27 Maret 2021 - 00:17 WIB
loading...
Penerapan Akuntansi Akrual Sudah Dilirik Banyak Negara, Ini Manfaatnya
Tren penerapan akuntansi berbasis akrual dalam sektor pemerintah terus berkembang di berbagai negara di dunia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Tren penerapan akuntansi berbasis akrual dalam sektor pemerintah terus berkembang di berbagai negara di dunia. Dengan semakin berkualitasnya informasi yang didapatkan, maka pemerintah akan dapat mengambil keputusan yang efisien dan efektif di dalam pengelolaan keuangan negara.



Tren ini diawali oleh negara-negara anggota OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) misalnya Inggris, Kanada, Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru. Sedangkan negara Asia yang menggunakan basis akrual adalah Jepang, Korea Selatan dan Filipina.

Saat ini di Indonesia sudah diterapkan akuntasi seccara akrual walaupun belum dilakukan pada semua pelaporan keuangan pemerintahan. Banyak hal yang melatarbelakangi perkembangan basis akrual tersebut.

Negara-negara OECD menilai bahwa penggunaan basis akrual akan dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas informasi laporan keuangan yang kemudian berguna dalam pengambilan keputusan serta akuntabilitas publik. Selain hal tersebut informasi keuangan yang akuntabel dan transparan pasti akan sangat mendukung proses pengawasan secara tepat.

Head of Public Sector ACCA, Alex Metcalfe menjelaskan, untuk transisi ke akuntansi akrual bisa juga meningkatkan kredibilitas fiskal pemerintah."Dengan menggunakan basis akrual maka dapat meningkatkan kualitas pengambilan keputusan di dalam pemerintah. Sebab informasi yang didapatkan lebih lengkap," jelas Alex.

Alex menambahkan penerapan sistem akuntansi berbasis akrual dalam pemerintahan harus dilakukan secara bertahap, berkesinambungan dan terpadu. Hasil dari penerapan sistem ini tidak dapat dilihat dalam waktu yang singkat.

"Basis akuntansi akrual memberikan manfaat yang lebih banyak dibandingkan dengan basis akuntansi yang lain, baik bagi pemerintah sendiri sebagai penyusun laporan keuangan maupun bagi pengguna laporan keuangan," terang Alex.

Hanya saja banyak tantangan dan isu terkait transisi ke basis akrual. Komitmen di level politik perlu untuk menerapkan akuntansi akrual. Sistem (teknologi) informasi yang sedang berjalan dan persiapan perubahannya juga harus dijaga.

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka, Ali Muktiyanto juga menambahkan dibutuhkan komitmen kuat dari pemerintah agar akuntasi akrual bisa diterapkan dalam sektor publik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1498 seconds (0.1#10.140)