BGR Logistics Perkuat Layanan dengan Dukungan IT

Sabtu, 03 April 2021 - 10:55 WIB
loading...
BGR Logistics Perkuat Layanan dengan Dukungan IT
Foto/dok
A A A
JAKARTA - PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics terus mendorong industri logistik tahun 2021 sebagai indikator pemulihan perekonomian Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

Direktur Utama BGR Logistics M. Kuncoro Wibowo mengatakan saat ini layanan jasa BGR Logistics disupport dengan supply chain management yang dapat dijalankan perusahaan dengan implementasi information tehcnology (IT) berupa sistem ataupun aplikasi untuk mendukung layanan jasa yang dijalankan. Mulai dari proses order jasa sampai dengan barang milik pelanggan diantarkan kepada pelanggan akhir.

"Kami impelementasikan sistem layanan yang berbasis IT. Kami memiliki BGR Logistics Smart Warehouse. Saat armada memasuki kompleks pergudangan terdapat parking system yang mumpuni berbasis aplikasi, lalu jembatan timbang secara online system, pengelolaan gudang sudah menggunakan Warehouse Integrated Application," kata Kuncoro di Jakarta, Sabtu (3/4/2021). ( Baca juga:Pergerakan IHSG Berada dalam Ruang Gelap, Tahan Dulu! )

BGR memiliki gudang modern untuk barang atau produk fast moving consumers goods (FMCG) yang mampu menampung hingga 24.000 SKU. Pun punya layanan depo container yang mampu manampung hingga 10.000 kontainer dengan dukungan aplikasi yang dapat dipergunakan atau dipantau oleh pelanggan secara real time.

"Mobile dan permanent cold storage juga kami implementasikan system informasi, serta gudang multy purpose kami juga ada," lanjut Kuncoro.

Untuk monitoring pergerakan seluruh armada, BGR mengimplementasikan Fleets Integrated and Order Monitoring System (FIONA), sehingga informasi pergerakan armada dapat terpantau dan informasinya bisa diberikan secara real time kepada pelanggan.

Selain itu, BGR Logistics memiliki digital platform untuk bisnis yang dijalani, namanya “BGR Access”. Saat ini platform itu diimplementasikan untuk membantu rumah tangga membuang barang bekas elektroniknya, menampung limbah minyak jelantah untuk diproses menjadi bio diesel yang dapat dipergunakan untuk bahan bakar armada truck BGR Logistics.

Seluruh sistem dan aplikasi yang BGR miliki dapat dipantau pada command center BGR Logistics yang berada di kantor pusat, Jakarta. Dalam waktu dekat akan segera merilis untuk membantu Pemerintah mewujudkan ketahanan pangan. ( Baca juga:Kisruh Partai Demokrat, Menkumham: Sebenarnya Kita Dongkol Banget )

"Kami akan luncurkan National Commodity Data Center (NCDC). Single Data Commodity dapat tersaji nantinya, bukan hanya komoditas pangan saja tapi seluruh komiditas lainnya juga dapat masuk dalam NCDC ini," jelas Kuncoro.

NCDC ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh pemerintah untuk mengetahui sebaran komoditas, melihat daerah mana yang kekurangan maupun kelebihan komoditas serta data-data lainnya sehingga dapat dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan ke depannya.

"Kami berharap mendapat dukungan penuh dari Kementerian BUMN, Kementerian Perdagangan serta instansi-instansi pemerintahan lainnya dan juga pemerintah pusat," tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1472 seconds (0.1#10.140)