Survive Hadapi Pandemi, Bank Indonesia Dorong UMKM Lokal Naik Kelas

Minggu, 04 April 2021 - 14:00 WIB
loading...
Survive Hadapi Pandemi, Bank Indonesia Dorong UMKM Lokal Naik Kelas
Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi saat meninjau pemeran produk UMKM di TSM Bandung. FOTO/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Bank Indonesia mendorong usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal naik kelas, menguasai pangsa pasar Indonesia yang masih terbuka lebar. Inovasi dan peningkatan kualitas produk penting dilakukan pelaku usaha agar bisa bersaing dengan produk asing. "Kami Bank Indoensia terus mendorong agar UMKM Indonesia naik kelas ke taraf internasional," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi.



Menurut dia, Bank Indonesia menggerakan sebanyak 46 kantor perwakilan di seluruh Indonesia, agar terlibat pada event yang menggerakkan ekonomi. Memfasilitasi para pelaku UMKM agar bisa mempromosikan dan memasarkan produksinya, baik di pasar lokal dan internasional.

Event Gernas BBI dan BWI 2021 yang dipusatkan di Bandung, Jawa Barat mulai 2 hingga 4 April 2021 adalah upaya konkret Bank Indonesia mendorong pelaku UMKM survive di tengah pandemi. Total ada 15.000 pelaku UMKM yang terlibat pada event ini. Targetnya, membidik lebih dari 21 juta pembeli.

Sementara itu, sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menekankan pentingnya membeli produk UMKM lokal. Dia meminta kepada seluruh warga Jabar untuk dapat mengunggah satu produk UMKM di akun media sosial setiap harinya selama Kampanye Gernas BBI di wilayah Jabar sepanjang April 2021. "Tolong bantu posting satu produk UMKM per harinya selama satu bulan ini di medsos seperti IG (Instagram) sebagai bentuk dukungan kita dalam Kampanye Gernas BBI di Jabar," ucap Gubernur.



Diketahui, Gernas BBI di Bandung menampilkan showcasing produk kriya, fashion, kuliner (termasuk kopi) dan industri kreatif premium dari 64 UMKM mitra Bank Indonesia di wilayah Jawa Barat, Dekranasda dan perbankan di Jawa Barat.

Selain showcasing, acara juga akan dimeriahkan oleh parade video pesona wisata Jawa Barat, medley tarian Jawa Barat, fashion show, belanja interaktif, webinar, talkshow akses pembiayaan dan business matching, implementasi QRIS, serta berbagai penampilan hiburan menarik lainnya untuk mempromosikan UMKM dan pariwisata di Jawa Barat secara nasional. Setelah kegiatan showcasing di Trans Studio Mall selesai, promosi, penjualan termasuk transaksi produk UMKM Jawa Barat tetap dapat dilakukan melalui beberapa kanal resmi.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2298 seconds (0.1#10.140)