Jadi Pengangguran, Coba 5 Ide Bisnis yang Menghasilkan Uang

Sabtu, 18 April 2020 - 23:30 WIB
loading...
Jadi Pengangguran, Coba 5 Ide Bisnis yang Menghasilkan Uang
Ilustrasi dropshipper. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pandemi virus corona (Covid-19) membuat seluruh ekonomi di dunia tertekan. Hal ini mengakibatkan meningkatnya pengangguran akibat pemutusan hubungan kerja (PHK) di beberapa perusahaan, yang terpaksa gagal beroperasi dan berproduksi.

Pandemi juga membuat mencari pekerjaan saat ini semakin sulit. Karena jumlah pencari kerja semakin banyak dan lapangan pekerjaan yang terbatas.

Perancang keuangan dari Finansia Consulting, Eko Endarto mengatakan ada banyak hal yang bisa dilakukan saat menganggur. Salah satunya dengan mendirikan usaha atau mengasah kemampuan kreatif yang memberikan manfaat kepada khalayak.

"Dengan menjadi pengusaha, Anda bukan hanya bisa menjadi nahkoda di kehidupan Anda saja. Anda juga bisa menjadi kapal bagi kehidupan orang lain, yaitu dengan membuka lapangan pekerjaan. Inilah manfaat yang bisa disebarkan oleh pengusaha kepada sesama. Jadi cari potensi apa yang cocok dengan kreativitas yang Anda dimiliki," ujar Eko saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Sabtu (18/4/2020).

Berikut 5 ide bisnis yang bisa dijalankaan saat Anda menjadi pengangguran:

1. Dropshipper
Bagi yang ingin membangun usaha kreatif namun terkendala modal, maka bisa memulai dengan menjadi dropshipper. Caranya pun mudah karena saat ini sudah banyak situs e-commerce yang menawarkan untuk menjadi dropshipper. Tidak adanya modal membuat jenis usaha ini minim risiko.

"Keuntungan yang didapatkan terbilang lumayan mengingat tidak adanya modal yang perlu dikeluarkan. Hanya bermodalkan handphone dan internet pun, Anda sudah bisa menjadi dropshipper," bebernya.

2. Bisnis katering
Bisnis katering bagi beberapa orang masih merupakan bisnis yang sepele. Sebab hanya perlu memasak sepanjang waktu. Padahal, bisnis katering memiliki tantangan yang tidak kalah dari bisnis lainnya. Dalam menjalankan bisnis katering, pastinya Anda harus mampu memenuhi selera setiap orang yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, dalam menjalankan bisnis katering diperlukan kreativitas untuk meramu berbagai menu yang dapat memenuhi selera orang sekaligus. Tentunya ini hal yang tidak mudah. "Namun, kalau Anda berhasil melakukannya, maka katering Anda akan selalu direkomendasikan oleh para klien yang terpuaskan," katanya.

3. Bisnis jasa mendengarkan curhatan
Ide usaha kreatif yang satu ini memang sangat unik. Jika Anda pernah melihat seseorang yang tidak bisa mencurahkan isi hatinya ke orang-orang terdekat, Anda bisa menjadi solusi untuk mereka. Ya, dengan membuat bisnis jasa mendengarkan curhatan. Apalagi saat pandemi ini banyak orang mengalami stress dan butuh curahan hati yang untuk didengar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1772 seconds (0.1#10.140)