Jelang Lebaran, Penyaluran Bansos Sembako Dipercepat 2 Bulan

loading...
Jelang Lebaran, Penyaluran Bansos Sembako Dipercepat 2 Bulan
Ilustrasi bansos. Foto/Dok SINDOphoto/Isra Triansyah
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah akan mempercepat penyaluran bantuan sosial (bansos) sembako jelang lebaran ini. Hal ini disampaikan seusai sidang kabinet paripurna bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) .

“Dan penyaluran pencairan sembako dari Juni ke awal Mei selama dua bulan. Jadi ini dipercepat,” katanya usai rapat di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (7/4/2021).

Baca juga: Kasus Bansos COVID-19, Saksi Ungkap Kongkalikong Pejabat Kemensos dengan Terdakwa

Dia juga menyampaikan akan mempercepat output dari bansos-bansos lainnya. “Penyaluran bantuan sosial kepada 20 juta keluarga penerima manfaat yaitu berupa beras sebesar 10 kg. Dan kemudian percepatan output daripada PKH (Program Keluarga Harapan), kartu sembako dan BLT (Bantuan Langsung Tunai),” ungkapnya.

Airlangga mengatakan subsidi bansos beras selama Ramadan akan membuat Bulog bisa memperoleh dana senilai Rp2 triliun. Di mana menurutnya dari dana itu bisa untuk membeli gabah rakyat sebesar 440.000 ton.



Baca juga: Siap-siap! Pemerintah Guyur Rp500 Miliar untuk Ongkir Harbolnas Lebaran

“Dan percepatan perlindungan sosial estimasi Rp14,12 triliun. Sehingga harapannya PDB (Produk Domestik Bruto) di kuartal II bisa tumbuh positif,” pungkasnya.
(ind)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top