Ini Daftar 10 Orang Terkaya Sejagat, Jack Ma Terdepak oleh Pengusaha India

loading...
Ini Daftar 10 Orang Terkaya Sejagat, Jack Ma Terdepak oleh Pengusaha India
Jeff Bezos (nomor 1 orang terkaya di dunia) dan Jack Ma (keluar dari daftar 10 orang terkaya di dunia). Foto/dok
JAKARTA - Forbes baru-baru ini merilis daftar tahunan ke-35 untuk 2.755 miliarder di dunia . Bahkan, angka ini menanjak naik 660 dibandingkan jumlah tahun lalu. Dilansir dari Forbes, secara keseluruhan, total kekayaan mereka mencapai USD13,1 triliun, meningkat banyak dibandingkan USD8 triliun di daftar tahun 2020.

Terdapat 493 miliarder pendatang baru, dengan kisaran satu miliarder baru setiap 17 jam, termasuk 210 dari China dan Hong Kong, serta 98 dari AS. ( Baca juga:Forbes Nobatkan Kim Kardashian Sebagai Miliarder, Susul Elon Musk )

Berikut adalah daftar 10 orang terkaya di dunia tahun 2021 versi Forbes:

Jeff Bezos adalah orang terkaya di dunia selama empat tahun berturut-turut, dengan kekayaan senilai USD177 miliar, naik USD64 miliar dari tahun lalu sebagai imbas melonjaknya saham Amazon.

Elon Musk meroket ke posisi kedua dengan harta kekayaan senilai USD151 miliar, dengan USD126,4 miliar lebih banyak dari tahun lalu, ketika dia berada di peringkat 31 dan kekayaan masih di USD24,6 miliar. Alasan utamanya adalah kenaikan 705% saham Tesla.



Taipan barang mewah Perancis Bernard Arnault memegang tempatnya di posisi ketiga. Akan tetapi kekayaannya hampir melonjak dua kali lipat menjadi USD150 miliar dari USD76 miliar, karena kenaikan 86% pada saham LVMH, sebagai pemilik merek termasuk Louis Vuitton dan Christian Dior dan pengecer kosmetik Sephora.

Sepuluh orang terkaya memiliki kekayaan total USD1,15 triliun, naik dua pertiga dari USD686 miliar tahun lalu. Secara keseluruhan, para miliarder asal Eropa lebih kaya USD1 triliun dari tahun lalu.

Tahun ini ada empat orang dengan kekayaan USD100 miliar atau lebih--naik dari hanya satu orang (Bezos) di daftar tahun lalu. Selain Bezos, Musk, dan Arnault, ada Bill Gates, yang menempati peringkat ke-4 dengan nilai kekayaa USD124 miliar, didukung oleh kekuatan saham yang dimilikinya di Microsoft, Perkeretaapian Nasional Kanada, dan pembuat traktor Deere & Company.

Di posisi lima besar adalah pendiri Facebook Mark Zuckerberg, dengan kekayaan USD97 miliar. Dia memiliki kekayaan luar biasa, USD42,3 miliar lebih dari setahun yang lalu. Saham Facebook telah meningkat 80% dalam setahun terakhir karena orang-orang di seluruh dunia menggunakan platform media sosialnya untuk tetap berhubungan satu sama lain.

Wanita terkaya tahun ini adalah pewaris kosmetik Francoise Bettencourt Meyers dari Prancis.



Warren Buffett adalah orang terkaya keenam di dunia, dengan kekayaan USD96 miliar. Ini adalah tahun pertama sejak 1993 di mana Warren yang menjalankan Berkshire Hathaway tidak muncul di lima besar. Bukan berarti Oracle of Omaha yang berusia 90 tahun itu mengalami tahun yang buruk, dia masih memiliki kekayaan USD28,5 miliar lebih banyak daripada mereka yang ada di daftar tahun 2020.

Di posisi ketujuh ada Larry Ellison dari Hawaii dengan harta kekayaan USD93 miliar. Pria bernama lengkap Lawrence Joseph Ellison itu adalah salah satu pendiri dan CEO dari perusahaan perangkat lunak database Oracle Corporation.

Menduduki posisi kedelapan adalah Larry Page, dengan total kekayaan senilai USD91,5 miliar. Adapun sumber kekayaannya berasal dari Google, dia adalah salah satu Co-founder Google di tahun 1998 bersama Sergey Brin.

Menyusul Larry di posisi kesembilan adalah Sergey Brin, dengan total kekayaan USD89 miliar. Bersama dengan Page, Brin mendirikan Google. Saat ini dia menjadi wakil pendiri sekaligus President of Technology Google. ( Baca juga:Kekerasan Rasial Meningkat, KJRI Chicago Minta WNI Waspada )

Mukesh Ambani dari India telah menjadi orang terkaya di Asia, menduduki peringkat ke-10 dunia dan kekayaannya diperkirakan mencapai USD84,5 miliar. Dia menggeser posisi Jack Ma dari China, orang terkaya di Asia tahun lalu, yang peringkatnya turun ke posisi 26 (dari posisi 17 tahun lalu) meskipun kekayaannya melonjak hampir USD10 miliar menjadi USD48,4 miliar.
(uka)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top