Berlaga di Atas Kapal Perang, Ini Dia 3 Jawara Maritime Hackathon 2021

Sabtu, 10 April 2021 - 10:10 WIB
loading...
Berlaga di Atas Kapal Perang, Ini Dia 3 Jawara Maritime Hackathon 2021
Ilustrasi KRI Usman Harun. Foto/Dok Antara
A A A
JAKARTA - Ajang kompetisi kreativitas teknologi kemaritiman, Maritime Hackathon 2021 , telah merampungkan babak final yang digelar di atas Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Usman Harun di dermaga JICT Jakarta Utara, awal pekan ini.

Setelah melalui proses penilaian yang ketat, dari 10 tim terbaik, 3 tim dinyatakan lolos tiga besar dalam babak grand final pada 6 April. Ketiga tim tersebut adalah Chi Square dari Badan Pusat Statistik (BPS), GasPol dari Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, dan tim Garamin dari Institut Teknologi 10 November Surabaya.

Melalui sesi penjurian 3 besar yang melibatkan para perwira TNI AL Seperti Kadisinfolahtal, Kadiskomlekal, Kadispamsanal, Kadispenal, serta Kadisjarahal, dewan juri memutuskan hasil akhir penjurian dari tiga tim yang lolos tahap final yaitu Tim GasPol sebagai Juara 1, Tim Chi Square di urutan kedua, dan Tim Garamin di urutan ketiga.



Tim Garamin mengangkat permasalahan petani garam yang memiliki kesulitan dalam pendistribusian hasil produk. Inovasi produk Garamin membantu dalam proses pendistribusian hasil produksi.

Kemudian ada tim Chi Square dengan karyanya bernama Seaport. Sesuai namanya, aplikasi ini diharapkan dapat menjadi penyedia data yang memaksimalkan potensi big data dengan mengintegrasikan pengumpulan dan penganalisaan data di bidang maritim.

Adapun sang juara satu, tim Gas Pol membangun aplikasi berbasis web yang bernama IkanApa. IkanApa merupakan aplikasi terintegrasi yang bertujuan untuk menjadikan nelayan mudah mengenali jenis ikan, melihat harga pasar, dan berhubungan langsung dengan konsumen tanpa perlu adanya pihak lain.

Wakil Kepala Staf TNI AL Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono mengatakan, inovasi yang ditampilkan para peserta memiliki potensi ekonomi dan sosial sangat besar untuk mendukung program Kampung Bahari Nusantara (KBN).

“Program KBN merupakan inisiatif TNI AL untuk meningkatkan kualitas hidup nelayan dan masyarakat pesisir. Inovasi produk yang ditampilkan sangat sejalan dengan program KBN dan diharapkan terjadi sinergi positif ke depannya,” kata dia dalam sambutannya, dikutip Sabtu (10/4/2021).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1590 seconds (0.1#10.140)