Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Cuma Merayap Tipis

loading...
Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Cuma Merayap Tipis
Nilai tukar Rupiah ditutup menguat tipis terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan hari ini, Rabu (14/4/2021). Salah satu sentimen yang mempengaruhi adalah perkembangan zonasi penyebaran virus covid-19. Foto/Dok
JAKARTA - Nilai tukar Rupiah ditutup menguat tipis terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan hari ini, Rabu (14/4). Mata uang Garuda ditutup ke level Rp14.602 per USD atau menguat 2 poin.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim mengatakan, meski menguat sebenarnya nilai tukar rupiah sempat melemah 25 pada perdagangan hari ini. Salah satu sentimen yang mempengaruhi adalah perkembangan zonasi penyebaran virus covid-19 .

"Perkembangan peta zonasi risiko penyebaran virus corona per 11 April 2021, menunjukkan terjadi peningkatan pada zona merah atau risiko tinggi dari awalnya 10 zona merah menjadi 11 di Kabupaten/kota." Katanya Ibrahim, dalam riset hariannya, Rabu (14/4/2021).

Baca Juga: Tekan Penyebaran Covid-19, CPI Manfaatkan Solusi Digital

Selain itu, lanjut Ibrahim, zona oranye atau risiko sedang juga meningkat, dari 289 menjadi 316 kabupaten/kota. Sementara zona kuning atau risiko rendah menurun dari 207 menjadi 178 kabupaten/kota. Zona hijau tidak ada kasus 8 kabupaten/kota dan tidak terdampak 1 kabupaten/kota.



Satuan Tugas Penanganan Covid-19 meminta semua pihak meningkatkan kualitas penanganan. Karena kenaikan jumlah daerah zona merah sudah terjadi dalam 2 minggu berturut-turut. Sementara zona oranye terlihat meningkat pada minggu ini.

"Peningkatan ini terjadi karena daerah zona oranye berpindah ke zona merah, sementara daerah zona kuning berpindah ke zona oranye," kata Ibrahim.

Baca Juga: Ditutup Melesat 2,07 Persen, IHSG Kembali ke Level 6.000

Selain upaya yang dilakukan pemerintah, perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia bergantung juga pada perilaku masyarakat dalam menerapkan perubahan perilaku. Perkembangan penanganan Covid-19 bersifat dinamis, sehingga diperlukan kerjasama dua belah pihak agar menghasilkan perkembangan ke arah yang baik.

"Karena secara prinsipnya, perkembangan positif dalam penanganan harus diikuti dengan upaya pengendalian yang konsisten terhadap pandemi Covid-19. Dengan upaya mengetatkan disiplin protokol kesehatan dan mengeluarkan kebijakan yang mengantisipasi, dan menghadapi perkembangan negatif dengan mengevaluasi program perubahan perilaku," terangnya.



Sedangkan untuk perdagangan besok, mata uang Rupiah kemungkinan dibuka berfluktuasi namun ditutup melemah direntang Rp14.590 hingga Rp14.635 per USD.
(akr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top