Pamit dari Amazon, Ini Sosok Pengganti Jeff Bezos

Sabtu, 17 April 2021 - 14:00 WIB
loading...
Pamit dari Amazon, Ini Sosok Pengganti Jeff Bezos
Andy Jassy ditunjuk Jeff Bezos sebagai CEO Amazon.com. FOTO/WSJ
A A A
JAKARTA - Jeff Bezos mengumumkan pada Februari 2021 mundur sebagai CEO Amazon kemudian melakukan transisi ke kursi eksekutif dewan perusahaan. Ia pun menyebut Andy Jassy sebagai nahkoda baru Amazon.

Ia mengungkapkan bahwa Andy ialah sosok oarang yang membangun Amazon Web Services, atau AWS menjadi bisnis bernilai miliaran dolar sebagai penggantinya. "Saya jamin Andy tidak akan membiarkan alam semesta menjadikan kita tipikal," tulis Bezos seperti dilansir dari CNBC, Sabtu (17/4/2021).



Pendiri Amazon Jeff Bezos mengungkapan kata-kata terakhir sekaligus meberikan nasihat kepada penerusnya melalui tulisan surat. Melalui surat tersebut, Jeff Bezos memberikan nasihat agar penerusnya bisa mempertahankan kekhasan perusahaan. "Kita semua tahu bahwa kekhasan, orisinalitas itu berharga," ungkapnya

"Kita semua diajari untuk menjadi diri sendiri. Apa yang sebenarnya saya minta Anda lakukan adalah merangkul dan bersikap realistis tentang berapa banyak energi yang diperlukan untuk mempertahankan kekhasan itu. Dunia ingin Anda menjadi tipikal - dalam seribu cara, itu menarik Anda. Jangan biarkan itu terjadi," tulis orang terkaya dunia ini.

Bezos memberikan ilustrasi arti dari kepemimpinannya selama ini. Ia mengutip bagian dari buku non-fiksi bertajuk "The Blind Watchmaker: Why the Evidence of Evolution Reveals a Universe without Design" karya Richard Dawkins.

Menurutnya buku tersebut itu sangat luar biasa karena mengulas tentang fakta dasar biologi, bahwa menghentikan kematian wajib diperjuangkan. Sebab dalam tubuh cenderung kembali dalam keadaan seimbang dengan lingkungannya.

Ia mencontohkan tubuh manusia biasanya lebih panas dari lingkungan sekitar, dan dalam iklim dingin tubuh kita harus bekerja keras untuk menjaga keseimbangan. Begitu juga dengan perusahaan ketika tidak bisa menjaga keseimbangan maka akan mati.

"Jika kita tidak bekerja mencegahnya, maka mereka pada akhirnya akan bergabung dengan lingkungannya dan lenyap sebagai makhluk otonom," tuturnya.

Nasihat ini menurut Bezos sangat fantastis dan relevan dengan Amazon. "Saya berpendapat bahwa ini relevan untuk semua perusahaan dan semua institusi dan untuk setiap kehidupan individu kita juga," tulis Bezos.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)