Menoropong 5 Tren Transportasi di Masa Depan

Minggu, 25 April 2021 - 04:48 WIB
loading...
Menoropong 5 Tren Transportasi di Masa Depan
Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Polana B. Pramesti mengungkapkan, ada lima tren transportasi di masa depan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Polana B. Pramesti mengungkapkan, ada lima tren transportasi di masa depan. Tren tersebut untuk membantu mengatasi kemacetan dan mengurangi kerusakan lingkungan.

Menurut dia, tren pertama yakni kendaraan listrik. Di mana Indonesia baru memulai tren ini pada tahun lalu, akan tetapi banyak negara di dunia yang sudah sedari lama menerapkan kendaraan listrik.

"Jadi dengan semakin padatnya perkotaan dan semakin mengkhawatirkannya kualitas lingkungan, maka kendaraan listrik bisa dilakukan," ujar dia dalam webinar Kemenhub, Sabtu (24/4/2021).



Kemudian, kata dia, kedua, tren mobility on demand yaitu dengan menjadikan kendaraan pribadi sebagai transportasi bersama. Tercatat sudah mulai diterapkan melalui ojek online dan taksi online.

"Tren ini akan mengurangi trafik kendaraan di jalan, mengurangi penggunaan lahan parkir dan mengurangi polusi dari kendaraan," ungkap dia.

Lalu, tren ketiga yakni autonomous driving atau kendaraan tanpa pengemudi. Di Indonesia saat ini memang belum dikembangkan, namun sejumlah negara di dunia sudah melakukan riset.

"Tren keempat adalah car-to-x communication, di mana kendaraan akan terhubung dengan benda lainnya atau seseorang. Seperti, kendaraan yang terhubung dengan smartphone atau kendaraan terhubung dengan kendaraan lainnya," jelas dia.



Untuk tren kelima, kendaraan umum dengan autonomous driving. Dia menyebut, dunia meyakini ke depan kendaraan umum bahkan bisa bergerak sendiri tanpa pengemudi.

"Tren ini sudah mulai berkembang, mengirim barang dengan drone. Misalnya di Singapura pernah uji coba heli dalam perkotaan yang tanpa pilot. Ini kedepannya akan seperti ini," tandas dia.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2567 seconds (0.1#10.140)