Berawal dari Tas Custom, Duet Pengusaha Ini Sukses Bawa Brand Lokal Tembus Pasar Internasional

loading...
Berawal dari Tas Custom, Duet Pengusaha Ini Sukses Bawa Brand Lokal Tembus Pasar Internasional
Foto/Ist
JAKARTA - Di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai, pemerintah terus menggaungkan semangat masyarakat untuk mencintai dan membeli produk lokal. Selain menggerakkan ekonomi lokal, diharapkan kampanye bangga buatan Indonesia juga kian membuka mata masyarakat bahwa produk buatan anak negeri juga berkualitas dan tidak kalah saing dengan impor. Bahkan, sudah banyak merek lokal yang mampu merambah pasar luar negeri.

Menjadikan brand lokal yang bisa memasuki pasar internasional ini juga menjadi visi dari duet pengusaha Ivan Tiono dan Jessica Ariella saat membidani lahirnya ROUNN Bag di Surabaya pada 2014 silam.

Di bawah payung CV ROUNN Indonesia, bisnis mereka diawali dengan memproduksi tas custom. “Perjalanan ROUNN dimulai 6 tahun lalu saat munculnya kebutuhan memiliki tas custom yang tidak sama dengan orang lain," kata Jessica, dikutip Senin (26/4/2021).

Baca juga: Petani Porang Madiun Mendadak Jadi Jutawan, Hasil Panennya Diekspor hingga AS

Wanita yang kini berperan sebagai Creative Director ROUNN itu menjelaskan, kala itu pihaknya menyediakan layanan custom seperti pemilihan warna dan inisial nama pada produk pesanan pelanggan, yang akhirnya menjadi personal signature dari ROUNN hingga kini. "Dan tentunya memiliki desain dengan nafas klasik dan unik,” ucapnya.



Adapun Ivan dengan latar belakang arsitek kini mengambil peran untuk branding dan marketing ROUNN yang telah banyak melahirkan kolaborasi dengan selebriti dan influencer fashion. Diantaranya Caren Delano, Olivia Lazuardy, Sandra Dewi, Richard Kyle, Malvava, Karla Jasmina, Michele Quann dan yang terbaru adalah kolaborasi bersama Nagita Slavina.

Strategi tersebut ternyata mampu menjaring banyak pelanggan baik dari dalam negeri sampai membuka pintu ROUNN masuk ke ranah internasional seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Taiwan, Australia, UAE, Lebanon, Italia, Inggris dan Amerika.

Baca juga: Bos Pentagon: Gugurnya 53 Awak Kapal Selam Nanggala-402 RI Tragis

“Kami bersyukur ROUNN mampu membawa produk lokal berkualitas masuk ke dalam pasar internasional tanpa dipandang sebelah mata. Dengan demikian ternyata bisa mendongkrak penjualan di dalam negeri juga, apalagi saat semangat local proud merebak belakangan ini,” tutur Ivan.

Dengan kondisi pandemi saat ini, tentu imbasnya juga terasa di industri fashion dan retail secara global termasuk ROUNN. Namun, dia optimistis ROUNN tetap bisa eksis dengan berinovasi.



Berpegang pada misi untuk memberikan kualitas yang setara dengan produk internasional, Ivan dan Jessica menerapkan berbagai inovasi tidak hanya pada pengembangan produk, juga pada strategi pemasaran. Mulai dari pengembangan sarana penjualan digital hingga strategi berkomunikasi dengan para pelanggan sehingga kepuasan pelanggan bisa terus dijaga.

Hasilnya, tak sedikit pelanggan setia dan fanatik yang selalu menanti produk terbaru ROUNN, termasuk inovasi pengembangan produk sepatu. "Tim desain dan produksi kami bekerja dengan memperhatikan tren fashion global yang selalu berubah. Proses produksi pun juga sangat kami perhatikan agar hasilnya bisa memuaskan konsumen," paparnya.

Baca juga: Tas Hermes Syahrini Seharga Rp1,8 Miliar Ini Hanya Ada 100 di Dunia

Selain memproduksi tas, lanjut Ivan, ROUNN juga menyediakan berbagai aksesoris penunjang penampilan wanita seperti dompet, keychain, lanyard yang trendy & stylish. Ada pula koleksi sepatu untuk pria dan wanita.

“Di tengah masa yang tak mudah, ROUNN tetap kuat berdiri. Bulan April ini kami melansir produk kolaborasi kami ROUNN x Nagita Slavina Gigi Tote Bag bertajuk Aurora. Setiap kepercayaan dan dukungan untuk ROUNN membuat kami tak berhenti bersyukur,” pungkasnya.
(ind)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top