Masuki Fase New Normal, Bappenas Minta Masyarakat Tetap Waspada

Kamis, 21 Mei 2020 - 20:50 WIB
loading...
Masuki Fase New Normal, Bappenas Minta Masyarakat Tetap Waspada
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) dan Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia agar tetap waspada ketika telah memasuki fase new normal. Karena fase new normal dalam masa pandemi virus corona (Covid-19) tidak menjamin kondisi kesehatan dalam taraf aman.

Suharso menyampaikan di era new normal nanti, masyarakat diminta untuk tetap menggunakan masker dan cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer serta menghindari kerumunan atau tempat ramai.

"Kemudian harus ada pengertian pembatasan fisik panduan pembatasan rumah, pembatasan tempat kerja, kalau bisa kita bikin video tutorial untuk setiap tempat kerja," ujar Suharso dalam video conference di Jakarta, Kamis (21/5/2020).

Tidak sekadar mengimbau masyarakat, Suharso menyebut bahwa pemerintah juga akan melakukan perbaikan, baik dari sektor ekonomi dan sektor kesehatan untuk tetap menjaga reproduksi efektif (Rt) virus corona di bawah 1.

"Agar semuanya tetap dibawah 1 maka semua harus disiplin dan protokolnya harus berjalan ketat. Meski menerapkan new normal tetap memperhatikan protokol kesehatan. Ini setidaknya sampai tersedianya vaksin atau obat corona," kata dia.

Plt. Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini juga mendorong kepada penyedia fasilitas publik, khususnya di area-area terbuka agar menyediakan tempat cuci tangan dan sabun cair. Menurutnya, pola hidup sehat harus tetap dijaga sekalipun Indonesia telah masuk dalam kondisi new normal.

"Begitu juga masuk restoran, itu ada pembatasannya, baik secara fisik tempat umum dan lain-lain. Itu harus dilakukan kontrol. Masyarakat penting sekali harus mengingatkan. Kemudian kita mau tidak mau harus melakukan adaptasi dengan kehidupan new normal," pungkasnya.
(bon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)