Memaksimalkan Instagram untuk Pengembangan Bisnis, Gini Caranya

Kamis, 29 April 2021 - 09:40 WIB
loading...
Memaksimalkan Instagram untuk Pengembangan Bisnis, Gini Caranya
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Penggunaan media sosial (medsos) sebagai alat pemasaran sudah banyak dilakukan bahkan menjadi semacam keharusan di era digital ini. Terlebih lagi di Indonesia sebagai salah satu pengguna medsos terbesar di dunia.

We Are Social dan Hootsuite dalam laporan berjudul Digital 2021: The Latest Insights Into The State of Digital, menyebutkan bahwa hingga Januari 2021, lebih dari separuh penduduk Indonesia sudah melek medsos.

Dari total 274,9 juta populasi, sekitar 61,8% atau 170 juta orang telah aktif menggunakan media sosial. Laporan yang sama juga mengungkap jumlah pengguna Instagram di Indonesia mencapai 85 juta.



Dengan jumlah pengguna yang besar menjadikan Instagram sangat potensial untuk dijadikan media pengembangan bisnis terutama pemasaran produk agar menjangkau khalayak lebih luas, terutama segmen pasar milenial yang melek digital.

Lantas bagaimana caranya? Founder komunitas bisnis online @Bisnismillenial, Richard mengatakan, untuk memperoleh hasil yang maksimal dari Instagram maka jangan hanya asal posting video atau gambar saja.

"Diperlukan strategi kekinian agar nantinya bisnis atau produk Anda tersebut bisa meluas menjangkau beberapa calon konsumen Anda di Instagram," ujarnya, Kamis (29/4/2021).

Dia pun lantas membagikan tipsnya. Pertama, yang harus Anda lakukan adalah mempergunakan akun Instagram bisnis. Kemudian, melakukan optimasi terhadap profil bisnis Anda dan mengetahui apa saja jenis postingan yang ada di Instagram.

Kiat-kiat selanjutnya adalah melakukan optimasi feed Instagram, menggunakan Instagram Stories, melakukan Instagram live sekali-kali, menggunakan Instagram TV dan melakukan posting ulang terhadap Stories atau foto yang berasal dari followers. Jangan lupa, buatlah caption yang menarik, serta hastag yang unik dan kreatif.

"Sebaiknya Anda juga memposting di waktu yang tepat dan menggunakan fitur canggih Instagram bisnis yang ada. Selain itu, meningkatkan engagement, membuat Instagram ads, dan melakukan kolaborasi atau kerjasama dengan influencer," paparnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1062 seconds (0.1#10.140)