Erick Thohir Pastikan 10 BUMN Akan Go Public Hingga 2023

Kamis, 29 April 2021 - 22:30 WIB
loading...
Erick Thohir Pastikan 10 BUMN Akan Go Public Hingga 2023
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto/SINDOphoto/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencatat sejumlah perseroan negara akan melantai ke Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam waktu dekat ini. Targetnya, minimal ada 10 perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) hingga 2023.

Menteri BUMN, Erick Thohir menyebut, upaya perseroan masuk ke pasar perdana tersebut disebabkan keyakinan bahwa nilai market di pasar modal yang tinggi. Oleh karena itu, pada periode 3 tahun ke depan pemegang saham akan mendorong perusahaan pelat merah untuk melaksanakan IPO.

"Insha Allah sampai dengan 2023 ini, minimum 10 BUMN akan kami go public-kan dan marketnya sangat besar," ujar Erick dalam peluncuran Indeks IDX-MES BUMN 17, Kamis (29/4/2021).



Dalam arsip pemberitaan MNC Portal Indonesia, Kementerian BUMN akan membawa 14 perusahaan pelat merah go public. Ke-14 perseroan tersebut terdiri dari BUMN dan anak usahanya dari sejumlah klaster.

Tercatat ada lima anak usaha PT Pertamina (Persero) yang akan melakukan Initial Public Offering. Sementara PT Telkom Indonesia (Persero) akan mencatatkan saham dua anak usahanya.

Di klaster kesehatan, ada Induk Holding BUMN Farmasi, PT Bio Farma (Persero) juga akan melantai di pasar perdana Indonesia. Kemudian Indonesia Healthcare Corporation (IHC) atau PT Pertamina Bina Medika (Persero).



Tak hanya itu, ada BUMN sektor perbankan, pertanian, dan pertambangan. "Rencana IPO BUMN dan anak usaha," tulis dokumen Kementerian BUMN. Adapun daftar BUMN dan anak Usaha yang melantai ke BEI di antaranya adalah:

Anak Usaha Pertamina:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4452 seconds (0.1#10.140)