Buka Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Kolaborasi Pemprov Aceh Kejar Investasi Uni Emirat Arab Sebesar USD1 Miliar

Sabtu, 01 Mei 2021 - 15:20 WIB
loading...
Buka Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Kolaborasi Pemprov Aceh Kejar Investasi Uni Emirat Arab Sebesar USD1 Miliar
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dan Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pemulihan ekonomi sekaligus penciptaan lapangan kerja lewat sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) terus dikebut Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno . Kali ini, Kemenparekraf bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh tengah mempersiapkan seluruh aspek guna menjaring investasi senilai USD500 juta hingga USD1 miliar dari Uni Emirat Arab .

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno usai berbincang dengan Gubernur Aceh Nova Iriansyahdi Aceh pada Sabtu (1/5/2021). Disampaikannya, kedua pihak kini tengah melakukan persiapan mengenai rencana investasi dari Uni Emirat Arab di Aceh.

Baca juga:Anugerah Desa Wisata, Sandi: Ini Bisa Jadi Lokomotif Pemulihan Ekonomi Desa

Sejumlah tahapan pun katanya telah dibahas secara terperinci dengan tujuan agar penandatanganan perjanjian investasi dapat dilakukan saat Presiden Joko Widodo meninjau World Expo Dubai di Uni Emirat Arab pada Oktober 2021 mendatang.

"Kami akan lakukan rapat lanjutan dengan kementerian/lembaga terkait agar target tersebut terealisasi," ungkap Sandiaga Uno pada Sabtu (1/5/2021).

Selain membahas tentang investasi dari Uni Emirat Arab, maksud kedatangannya ke Aceh diungkapkan Sandiaga Uno, juga untuk membangkitkan sektor parekraf dalam bingkai protokol kesehatan. Sebab, lanjutnya, Aceh diketahui memiliki banyak sekali potensi pariwisata yang sangat terbuka bagi wisatawan Nusantara.

"Kita punya lima juta kelas menengah wisatawan Nusantara baru yang sekarang ini memiliki opsi utama untuk berwisata di Indonesia, ini yang akan kita targetkan. Tapi tentunya dalam panduan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," imbuhnya.

Tidak hanya pariwisata, sisi ekonomi kreatif pun katanya harus dikembangkan lewat beragam inovasi yang kekinian. Seperti batik dari Aceh yang dikenakannya saat ini. Begitu juga dengan nama kopi Gayo yang memiliki cita rasa khas. Sejumlah produk tersebut katanya harus dipasarkan dengan skala dunia.

"Rencana kita sangat konkret, sangat riil, bahwa yang ada di depan mata adalah Uni Emirat Arab dan tentunya ini holistik ya. Bukan hanya membangun infrastruktur, tetapi juga membangun SDM," ungkap Sandiaga Uno.

"Investasi ini kita gunakan untuk membangkitkan dan memulihkan ekonomi, membuka peluang kerja dan mudah-mudahan kita bisa selesaikan pandemi ini agar kita bisa melanjutkan agenda pembangunan ke depan," tutupnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)