Subsidi Ongkir Belum Final, Kemenparekraf Siapkan Program Pascalebaran

Senin, 03 Mei 2021 - 22:36 WIB
loading...
Subsidi Ongkir Belum Final, Kemenparekraf Siapkan Program Pascalebaran
Menparekraf Sandiaga Uno. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah berupaya terus mendukung keberlangsungan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah pandemi Covid-19 dengan menggelontorkan sejumlah stimulus.

Salah satu yang ramai diperbicangkan adalah terkait subsidi ongkos kirim (ongkir) untuk belanja online produk-produk lokal. Program ini mengemuka seiring kebijakan pemerintah melarang kegiatan mudik lebaran pada 6-17 Mei 2021.

"Pemerintah akan meluncurkan program ini yang pelaksanaannya oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang tentunya bekerjasama dengan perusahaan pemilik platform e-commerce yang ada dalam asosiasi e-commerce Indonesia atau Idea. Detailnya akan diumumkan oleh Kemendag," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (3/5/2021).



Menurut Sandiaga, program ini merupakan bentuk keberpihakan pemerintah di tengah kesulitan ekonomi dan pandemi. "Ini bagian inovasi, adaptasi, kolaborasi, di mana insentif ongkir tentunya sangat dibutuhkan UMKM dan masyarakat saat mereka tidak bisa hadir di kampung halamannya. Mereka ada kesempatan untuk beli produk UMKM ekonomi kreatif (ekraf) sebagai hantaran lebaran," paparnya.

Senada, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengatakan, kebijakan stimulus ongkir dalam menyambut lebaran telah diputuskan bahwa pelaksanaan teknisnya ada di Kemendag. "Jadi memang nanti dilaksanakan oleh Kemendag, nanti mereka kerja sama dengan industri untuk memberikan stimulus tersebut," ucapnya.

Dia menambahkan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sendiri saat ini sedang menyiapkan program lainnya dalam rangka mendukung UMKM ekraf lokal dan rencananya akan diluncurkan setelah lebaran.

"Kemenparekraf sedang memfinalisasi sebuah program pascalebaran terkait stimulus untuk mendukung produk-produk UMKM ekonomi kreatif dan mendukung untuk meningkatkan demand produk-produk lokal Indonesia," paparnya pada kesempatan yang sama.



Sebelumnya, Kemendag tengah membahas mengenai wacana Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) Ramadan. Pembahasan tersebut termasuk dalam pemberian gratis subsidi ongkir.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan, rancangan tersebut ditargetkan bisa rampung segera. Sehingga, Harbolnas dengan menawarkan gratis ongkos kirim ini bisa dilakukan sejak H-10 sampai dengan H-6 lebaran.

“Gratis ongkir itu kan akan ditanggung dan diberikan pada H-10 sampai H-6. Mekanismenya gimana, kita cari,” ujarnya kepada media, Selasa (27/4).

Pemberian gratis ongkos kirim ini dalam rangka mendorong masyarakat untuk belanja tanpa harus pergi kemana-mana. Apalagi momennya mendekati lebaran di mana masyarakat biasanya berburu pakaian dan kebutuhan untuk lebaran.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1195 seconds (0.1#10.140)