Masih Minus, Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I Diprediksi Terkontraksi 0,8%

Rabu, 05 Mei 2021 - 09:20 WIB
loading...
Masih Minus, Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I Diprediksi Terkontraksi 0,8%
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I/2021 diperkirakan terkontraksi pada kisaran -0,87% (year on year/yoy) dari kuartal sebelumnya yang tercatat -2,19% yoy.

Ekonom Bank Permata, Josua Parde mengatakan, pertumbuhan konsumsi rumah tangga diperkirakan mengalami kontraksi pada kisaran -1,0% yoy. Kontraksi pada kuartal I/2021 tercatat lebih rendah dibandingkan kuartal sebelumnya, di mana konsumsi rumah tangga tercatat terkontraksi sebesar -3,61% yoy.

"Semakin terbatasnya kontraksi dipengaruhi oleh percepatan belanja pemerintah pusat terutama belanja bansos, belanja modal dan belanja barang," kata Josua saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Selasa (5/5/2021).



Selain itu pemerintah melakukan beberapa stimulus kebijakan seperti relaksasi PPN perumahan, relakasasi PPnBM kendaraan bermotor yang dikombinasikan dengan pelonggaran kebijakan DP kendaraan bermotor dan kebijakan LTV dari Bank Indonesia.

Data yang menunjukan adanya perbaikan dari konsumsi rumah tangga di antaranya penjualan ritel, yang terkontraksi -17,1% yoy, membaik bila dibandingkan dengan kontraksi pada kuartal 2020 sebesar -19,2% yoy.

Dari sisi Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK), terlihat bahwa kontraksinya semakin terbatas, di mana pada kuartal I tercatat IKK terkontrkasi sebesar -17,9% yoy, lebih rendah dibandingkan kontraksi pada kuartal keempat 2020, sebesar -23,6% yoy.

Dari konsumsi barang tahan lama/durable goods, pertumbuhan penjualan mobil mengalami kontraksi -21,1%yoy, sedikit membaik bila dibandingkan dengan kontraksi pada kuartal IV sebesar -41,8%yoy.

"Perbaikan penjualan mobil ditopang oleh pertumbuhan di bulan Maret 2021, di mana kebijakan relaksasi PPNBm serta pelonggaran kebijakan makroprudensial BI. Dari sisi penjualan motor, kontraksinya pun menurun bila dibandingkan dengan kuartal sebelumnya di mana penjualan motor Januari- Maret 2021 terkontraksi -17,7% yoy dibandingkan dengan -49,8% yoy di Oktober sampaj Desember 2020," katanya.



Selain itu, impor barang konsumsi sepanjang kuartal IV tahun 2020 tercatat tumbuh positif sebesar 14,6% yoy, meningkat dibandingkan dengan kuartal sebelumnya yang masih berkontraksi sebesar -14,8% yoy.

Pertumbuhan PMTB/Investasi pada kuartal I/2021 diperkirakan masih mengalami kontraksi di kisaran -2% yoy hingga -3% yoy, membaik dari kuartal sebelumnya yang tercatat -6,15%. Perbaikan ini dapat terindikasi pertumbuhan konsumsi semen yang terkontraksi -0,2% yoy pada Januari Maret dari kuartal sebelumnya sebesar -13,8% yoy.

"Masih kontraksinya konsumsi semen mengindikasikan bahwa investasi bangunan masih terkontraksi dibanding tahun lalu, meskipun kontraksinya tidak sedalam kuartal IV/2020," katanya.

Selain itu, investasi non-bangunan juga diperkirakan melambat dibandingkan dengan periode pra-pandemi, terindikasi dari impor barang modal pada kuartal I 2021 terindikasi dari impor barang modal yang sudah tumbuh 11,5% yoy.

"Konsumsi pemerintah diperkirakan cenderung tumbuh positif sejalan dengan kenaikan belanja pemerintah pada Januari-Maret 2021 sebesar 15,61% yoy," imbuhnya.

Sementara itu, surplus neraca perdagangan pada kuartal I yang menurun dibandingkan kuartal sebelumnya mengindikasikan bahwa adanya penurunan net ekspor, yang didorong oleh penguatan impor secara umum.

Meskipun demikian, volume permintaan ekspor cenderung meningkat sejalan dengan pemulihan aktivitas perekonomian global. Oleh sebab itu, net ekspor juga diperkirakan tumbuh positif.

"Dengan indikator tersebut-tersebut, dapat terlihat bahwa pertumbuhan ekonomi pada kuartal I akan jauh lebih membaik bila dibandingkan dengan kuartal IV/2020, dan memberi sinyal awal pemulihan ekonomi, ditopang oleh investasi dan juga konsumsi rumah tangga meskipun laju tahunan dari dua komponen tersebut masih terkontraksi," tandasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)