Suasana Sepi Stasiun Senen di Hari Ketiga Larangan Mudik

Sabtu, 08 Mei 2021 - 16:01 WIB
loading...
Suasana Sepi Stasiun Senen di Hari Ketiga Larangan Mudik
Suasana sepi di stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (8/5/2021). Foto/MPI/Giri Hartomo
A A A
JAKARTA - Memasuki hari ketiga larangan mudik , suasana di stasiun Pasar Senen relatif sepi meskipun masih ada kereta yang beroperasi untuk mengangkut penumpang non-mudik.

Berdasarkan pemantauan MNC Portal Indonesia (MPI), di stasiun yang terletak di Jakarta Pusat itu hanya ada beberapa petugas yang sedang berjaga. Misalnya pada area lobby stasiun, terlihat tidak ada keramaian penumpang yang terlihat. Mesin check in tiket yang terletak berjejer di lobby juga relatif sepi.

Memang ada beberapa calon penumpang yang mondar-mandir di area lobby sambil membawa berkas atau surat yang dimasukan ke dalam map. Namun, jumlahnya tidak terlalu banyak karena bisa dihitung dengan jari.



Sementara itu, pada pintu-pintu masuk menuju peron kereta juga terpantau sepi. Mengingat jika dilihat dari jadwal yang terpampang di layar monitor di stasiun tidak ada jadwal pemberangkatan dalam waktu dekat dari Stasiun Pasar Senen.

Kemudian untuk tempat pelayanan GeNose maupun Rapid Tes Antigen juga relatif sepi. Hanya ada beberapa calon penumpang saja yang sedang menunggu giliran untuk dilakukan tes Covid-19 sebagai syarat perjalanan.

MPI juga sempat melihat ke dalam kereta Tegal Express di pagi hari sebelum diberangkatkan. Suasana di gerbong kereta terlihat sepi, bahkan dalam satu gerbong hanya diisi oleh sedikit sekali penumpang.

Sebagai gambaran, karena penumpang yang terlalu sepi, banyak tempat duduk kereta yang kosong melompong. Bahkan jika harus satu penumpang menduduki satu baris kursi, masih ada banyak space kosong yang tersedia dalam satu gerbong.

Kemudian MPI juga sempat memperhatikan verifikasi dokumen penumpang. Verifikasi dilakukan cukup berlapis oleh petugas stasiun. Pertama adalah menjelang pintu masuk yang berada di sekitaran lobby Stasiun Pasar Senen. Di sana dilakukan pemeriksaan dokumen seperti surat izin perjalanan atau surat dinas, surat keterangan bebas Covid-19, kartu identitas dan juga tiket kereta.

Kemudian masuk menuju peron kereta juga akan dilakukan verifikasi dokumen lagi oleh petugas PT KAI sekaligus juga melakukan scaning barcode yang terletak pada tiket kereta api.



Sementara itu, Kepala Humas PT KAI Daop I Eva Chairunisa mengatakan, tingkat keterisian penumpang kereta api dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir masih relatif kecil. Diperkirakan rata-rata okupansi penumpang di dua stasiun Jakarta ini masih berada di bawah 50% dari total tempat duduk yang tersedia.

“Kalau dilihat dari tingkat keterisian volumenya, kalau kita lihat ini di tiga hari ini tidak sampai 50% dari total tempat duduk yang ada,” ucapnya saat ditemui MNC Portal Indonesia.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)