Sayonara Zona Pesimis, IKK April Naik Jadi Sinyal Perbaikan Optimisme Konsumen

Senin, 10 Mei 2021 - 22:15 WIB
loading...
Sayonara Zona Pesimis, IKK April Naik Jadi Sinyal Perbaikan Optimisme Konsumen
Foto/Dok SINDOnews/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Survei Konsumen yang digelar oleh Bank Indonesia (BI) pada April 2021 mengindikasikan keyakinan konsumen di Indonesia yang optimis terhadap kondisi perekonomian.

Direktur Komunikasi Bi Erwin Haryono, optimisme tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) bulan April 2021 sebesar 101,5 yang masuk ke zona optimis (indeks >100), meningkat dibandingkan 93,4 pada bulan Maret 2021.



"IKK April 2021 juga merupakan angka optimisme pertama kali sejak IKK masuk zona pesimis pada April 2020," kata Erwin melalui keterangan resmi di Jakarta, Senin (10/5/2021).

Keyakinan konsumen terpantau membaik pada seluruh kategori tingkat pengeluaran responden, tingkat pendidikan, dan kelompok usia responden. Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di seluruh kota yang disurvei (18 kota), tertinggi di kota Padang, diikuti oleh Bandung dan Pangkal Pinang.

Survei tersebut juga mengungkap bahwa peningkatan optimisme konsumen pada April 2021 didorong oleh membaiknya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan, yaitu terhadap aspek ketersediaan lapangan kerja, ekspansi kegiatan usaha yang meningkat, dan penghasilan yang meningkat pada 6 bulan yang akan datang.



Sementara itu, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terpantau membaik, didorong oleh perbaikan persepsi terhadap ketersediaan lapangan kerja, penghasilan, dan ketepatan waktu pembelian barang tahan lama.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1835 seconds (0.1#10.140)