Berminat Investasi Emas? Tak Usah Tunggu Momentum!

Kamis, 13 Mei 2021 - 16:00 WIB
loading...
Berminat Investasi Emas? Tak Usah Tunggu Momentum!
Invetasi emas pada dasarnya adalah investasi jangka panjang. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Harga emas diproyeksikan akan kembali menembus Rp1 juta per gram pada akhir tahun 2021. Sentimen yang mempengaruhi harga logam mulia ini disebut datang dari imbal hasil treasury AS yang melemah dan rilis data pekerjaan di AS yang tidak dapat memenuhi standar yang ditetapkan untuk pasar tenaga kerja.

"Harga emas hingga akhir tahun 2021 akan bergerak pada kisaran USD1.800-2.000 per troy ounce," kata Co-Founder dan CMO IndoGold Indra Sjuriah kepada MNC Portal Indonesia, belum lama ini.



Ia menjelaskan, harga emas akan dipengaruhi oleh dana stimulus yang masih digulirkan dari Amerika dan negara lain sehingga dapat menggerakkan roda perekonomian setiap negara. "Maka, kebutuhan komoditas meningkat sehingga berdampak pada peningkatan harga emas," jelasnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuabi. Ia memprediksi bahwa harga emas akan kembali menyentuh di level Rp1 juta per gram. Hal itu menurutnya akan terjadi pada kuartal III atau IV pada tahun ini.

"Harga emas siap menembus USD2.075 per troy ounce di tahun ini. Kalau USD1 sama dengan Rp14.300 maka harga logam mulia ini akan berada di Rp1.054.100 per gram," ujar Ibrahim belum lama ini.

Lalu, apakah ini saat yang tepat untuk investasi emas? Indra Sjuriah menuturkan bahwa untuk berinvestasi emas itu tidak perlu menunggu momentum. Sebab, pada dasarnya investasi emas itu untuk jangka panjang.



"Investasi emas tidak perlu menunggu momentum yang tepat ketika harga emas sedang naik atau turun. Investasi emas memang ditunjukkan untuk investasi jangka panjang, yakni minimal 5 tahun," ujarnya

Ia menambahkan, agar mendapatkan imbal hasil yang signifikan investasi emas harus dilakukan dalam waktu jangka yang panjang. Ia mencontohkan, dahulu harga emas 1 gram berada di level Rp500.000, namun saat ini sudah berada di level Rp900.000.

"kenaikan harga emas hingga hari ini mencapai lebih dari 80%. Oleh karena itu, investasi emas disarankan untuk jangka panjang minimal 5 tahun sehingga dapat memberikan imbal hasil yang maksimal," tandasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5052 seconds (0.1#10.140)