Sedekah Ikan Ramadhan, Cara KKP Perkuat Solidaritas Jelang Idul Fitri

Sabtu, 23 Mei 2020 - 02:28 WIB
loading...
Sedekah Ikan Ramadhan, Cara KKP Perkuat Solidaritas Jelang Idul Fitri
Tak hanya menggaungkan Lebaran Ikan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di bawah kepemimpinan Menteri KKP Edhy Prabowo juga melakukan kegiatan Sedekah Ikan Ramadhan (SIM). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Tak hanya menggaungkan "Lebaran Ikan", Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di bawah kepemimpinan Menteri KKP Edhy Prabowo juga melakukan kegiatan Sedekah Ikan Ramadhan (SIM). Tercatat, sebanyak 3.000 paket bantuan dibagikan untuk masyarakat terdampak pandemi covid-19.

Edhy berharap melalui penyaluran SIM ini bisa membangun rasa solidaritas dan kepedulian para pegawai di KKP. "Semoga ini menjadi energi positif, baik untuk kita maupun untuk bangsa dan negara," kata Edhy di Jakarta, Jumat (22/5/2020).

Sementara Kepala Badan Karantina Ikan Pengedalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Rina memaparkan, bahwa dalam penyalurannya, SIM melibatkan berbagai unit kerja eselon I dan beberapa UPT KKP di daerah. Adapun dalam paket tersebut berisi 5 kg beras, ikan 3 kg, minyak goreng 1 liter dan 0,5 kg telur.

"Paket-paket SIM tersebut akan dibagikan hingga sebelum shalat Idul Fitri," urai Rina.

Sambung Rina menambahkan, penyaluran paket sudah dimulai pada tanggal 17 Mei 2020 hingga malam takbiran. Seperti, unit kerja Inspektorat Jenderal KKP, telah menyalurkan 200 paket SIM untuk 4 lokasi, yakni Jakarta, Bekasi, Depok dan Tangerang.

Kemudian pada hari Kamis(21/5), telah disalurkan paket melalui UPT BKIPM di beberapa daerah. Seperti di Mataram, disalurkan paket SIM untuk 66 nelayan dan masing-masing 68 paket di Ambon dan Kota Palu.

Selain itu, Stasiun PSDKP Belawan juga telah melakukan penyaluran 220 paket SIM di Kampung Nelayan Perlis, Kecamatan Pangkalan Brandan, Kabupaten Langkat. "Kemudian juga ada penyaluran untuk korban gempa Lombok 2018 lalu. Penyaluran akan dimaksimal sampai sebelum hari raya," tambahnya.

Sebelumnya, melalui 'Lebaran Ikan; Edhy mengajak masyarakat untuk merayakan momen lebaran dengan menu makanan yang berbeda, yakni produk perikanan. Kegiatan sosial ini melengkapi pembagian 15.000 nasi ikan selama ramadan di 150 UPT KKP di Indonesia.

Sedangkan dalam rangka penanganan dampak pandemi, KKP juga telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Covid-19 serta sejumlah program lain seperti Bulan Mutu Karantina 2020, Siaga Nelayan, Bulan Bakti Nelayan 2020, Gemarikan Peduli Bencana Covid-19, serta bantuan benih, calon induk ikan, dan pakan untuk pembudidaya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2079 seconds (0.1#10.140)