Atur Siasat Hadapi Pandemi, Sandiaga Bawa Era Baru Pariwisata

Sabtu, 22 Mei 2021 - 18:51 WIB
loading...
Atur Siasat Hadapi Pandemi, Sandiaga Bawa Era Baru Pariwisata
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno melihat, pandemi Covid-19 sebagai sebuah tantangan yang membuat sektor pariwisata harus beradaptasi dengan era baru. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melihat, pandemi Covid-19 sebagai sebuah tantangan yang membuat sektor pariwisata harus beradaptasi dengan era baru. Seperi diketahui pelaku UMKM industri jasa pariwisata menjadi yang paling terdampak akibat virus Corona.

“Justru tantangannya bahwa covid-19 ini memaksakan kita menyesuaikan pariwisata era baru,” papar Sandiaga di Jakarta, Sabtu (22/5/2021).



Sandiaga mengatakan, Kemenparekraf meminta sektor wsiata untuk meningkatkan personalize, customize, look dan personalize, dan smalin size. “Jadi intinya kuantitas sedikit, tapi kualitas (pariwisata) meningkat,” ungkap Sandiaga.

Ia mencontohkan museum Panji Malang dan sentra kreatif di sekitarnya untuk terus meningkatkan pelatihan dan keterampilan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan.

Sementara itu, Sandiaga, juga meminta para pengusaha, khususnya pelaku usaha di bidang teknologi digital untuk terus beradaptasi agar tak kalah dengan adanya pandemi covid-19.

“Kita ingin mereka mampu mengambil peluang agar mereka menjadi pengusaha yang naik kelas di masa depan,” tuturnya.

“Yang kedua, makin yakin kami bahwa covid-19 ini memaksa kita untuk hadir dengan kebijakan yang berkeadilan langsung menyentuh apa yang mereka perlukan. Jadi, program ini kita minta dikawal kita akan pastikan programnya tepat sasaran kepada mereka yang betul-betul membutuhkan,” tambahnya.



Adapun program yang dicanangkan Sandiaga ialah dana hibah pariwisata. Program bantuan ini merupakan dana hibah dari pemerintah yang akan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada pelaku UMKM.

“Kami akan meminta masyarakat dan saya akan memastikan bahwa itu akan tepat sasaran berkeadilan untuk masyarakat yang betul-betul membutuhkan sehingga mereka bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1766 seconds (0.1#10.140)