Investasi Bitcoin Bukan untuk Orang Doyan Ikut-ikutan, Harus Punya Uang Nganggur

Kamis, 27 Mei 2021 - 17:39 WIB
loading...
Investasi Bitcoin Bukan untuk Orang Doyan Ikut-ikutan, Harus Punya Uang Nganggur
Perencana Keuangan menjelaskan, berinvestasi menggunakan bitcoin tidak disarankan bagi orang yang hanya mau ikut-ikutan. Jadi harus benar-benar uang nganggur sekali. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini menjelaskan, keuntungan berinvestasi bitcoin yang terbilang cukup besar seimbang dengan risiko kerugiannya. Berinvestasi menggunakan bitcoin tidak disarankan bagi orang yang hanya mau ikut-ikutan.

“Saya tidak sarankan orang hanya ikut-ikutan tanpa terlebih dahulu mempelajari mengenai berinvestasi itu apa, kemudian bitcoin itu apa. Jika dasar-dasar investasinya belum kuat, itu saya tidak sarankan dia langsung nyemplung ke bitcoin,” jelasnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia di Jakarta, Kamis (27/5/2021).



Bitcoin sering dianggap sebagai sebuah instrumen investasi baru yang potensial dalam memaksimalkan keuntungan. Mata uang digital ini sudah terkenal di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Lanjut dia, jika seseorang hanya mempunyai uang yang sedikit, itu juga tidak disarankan untuk berinvestasi menggunakan bitcoin. “Jadi harus benar-benar uang nganggur sekali. Serta, berbagai kebutuhan keuangan yang primer, tujuan-tujuan keuangan masa depan yang sudah disiapkan dengan menabung untuk investasi itu sudah semua,” ujar Mike.



Sementara itu, Mike menuturkan, semua investasi memang mempunyai risiko. Akan tetapi, risiko tersebut dapat diminimalkan dengan memahami karakter dari instrumen keuangan yang digunakan.

“Kalau tidak mau boncos ya jangan investasi, tapi bisa diminimalkan. Kalau saya takut investasi, saya tidak akan dapat untung. Tapi kalau mau untung ya saya harus siap-siap rugi,” tegas dia.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2784 seconds (0.1#10.140)