New Normal Akan Mengubah Perilaku Industri Keuangan di Indonesia

Minggu, 24 Mei 2020 - 15:28 WIB
loading...
New Normal Akan Mengubah Perilaku Industri Keuangan di Indonesia
Ilustrasi the new normal. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 mengubah berbagai aspek kehidupan, mulai dari kesehatan, sosial, dan ekonomi, termasuk di Indonesia. Akibat pandemi ini, dunia memasuki fase The New Normal, yakni fase perubahan tata perilaku masyarakat dalam beraktifitas, termasuk dalam hal keuangan.

Berbagai perubahan mulai terlihat dari bagaimana masyarakat bertransaksi, kecenderungan untuk lebih memperhatikan nilai ketika membeli sebuah barang, serta pengelolaan keuangan dengan menetapkan skala prioritas.

Riset McKinsey terkait sentimen konsumen Indonesia menyatakan telah terjadi peningkatan aktifitas digital selama masa pandemi, dengan lebih dari 30% responden mengaku lebih sering memenuhi kebutuhan sehari-hari dan memesan makanan secara online. Dompet Digital Jadi Pilihan Beri Angpau Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19

Selain itu, laporan McKinsey terkait dampak yang ditimbulkan dari Covid-19 juga menyebutkan secara global, adopsi teknologi digital pada industri keuangan pun meningkat, dimana 73% masyarakat telah mencoba adopsi teknologi digital dalam 6 bulan terakhir, dengan 21% diantaranya merupakan pengguna baru.

Perubahan perilaku tersebut akan menggiring pada fase The New Normal, yang menuntut masyarakat untuk mampu beradaptasi dengan kondisi tersebut guna menjaga produktivitas dan keberlangsungan kehidupan.

CEO Kredivo Indonesia Alie Tan mengatakan berdamai dengan Covid-19 berarti masyarakat dan pelaku industri dapat beradaptasi dengan The New Normal. Kemampuan adaptasi yang agile dan solidaritas adalah kunci untuk melalui kondisi ini sekaligus menjaga keberlangsungan kehidupan serta usaha dalam jangka panjang.

"Di sisi lain, pelaku industri keuangan juga dituntut untuk terus berinovasi melalui teknologi, guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan transaksi digital yang semakin meningkat di masa pandemi ini," terang Alie di Jakarta, Minggu (24/5/2020).

"Kredivo sebagai fintech lending juga melihat urgensi pada kemampuan beradaptasi terhadap The New Normal agar masyarakat serta pelaku industri dapat bertahan dan melewati krisis ini," pungkasnya.
(bon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2097 seconds (0.1#10.140)