Akuisisi REA Group, Bisnis PropertyGuru Kian Merangsek ASEAN

Selasa, 01 Juni 2021 - 14:35 WIB
loading...
Akuisisi REA Group,  Bisnis PropertyGuru Kian Merangsek ASEAN
Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PropertyGuru Group (‘PropertyGuru), perusahaan teknologi properti (‘Proptech’) terkemuka di Asia Tenggara , dan REA Group (ASX:REA), kemarin (31/5) mengumumkan telah menandatangani kesepakatan akuisisi seluruh saham di unit usaha REA Group di Malaysia (iProperty.com.my dan Brickz.m dan Thailand (thinkofliving.com dan Prakard.com). Sebagai bagian dari perjanjian tersebut, REA Group akan menerima 18% kepemilikan saham dari PropertyGuru Group dan menunjuk seorang direktur dalam dewan. Kesepakatan transaksi ini diharapkan selesai pada bulan Juli 2021.

Penambahan bisnis ini akan meningkatkan kemampuan PropertyGuru, grup Proptech No. 1 di Asia Tenggara asal Singapura, untuk memberikan para pencari rumah pada akses yang transparan dan mudah berupa hal yang paling komprehensif yaitu sekumpulan data, informasi yang dapat ditindaklanjuti, dan layanan yang paling lengkap untuk mendukung aspirasi mereka untuk memiliki rumah di Asia Tenggara.

PropertyGuru.com.my dan iProperty.com.my adalah dua pasar properti yang berkembang pesat dan terbaik di kelasnya di Malaysia. Kedua unit usaha ini memiliki khalayak yang unik dan saling melengkapi karena transaksi ini akan tetap mempertahankan kedua unit usaha tersebut.

Baca juga:Asabri Salurkan SRKK ke Ahli Waris Prajurit yang Gugur di Papua

Akuisisi ini akan memberikan beberapa keuntungan. Di antaranya, memungkinkan kedua unit usaha untuk menggabungkan sumber daya, mempercepat inovasi, dan menyediakan solusi digital yang lebih baik bagi para pencari rumah, agen dan pengembang properti. Keuntungan selanjutnya, memungkinkan Grup untuk membagikan solusi data dan informasi terbaik, serta memberikan transparansi dan akses yang lebih luas ke pasar properti Malaysia seiring upayanya untuk terus menyederhanakan proses pembelian bagi para pencari rumah.

“Bagian penting dari kesuksesan PropertyGuru adalah fokusnya yang sangat terarah dalam mengantisipasi dan memenuhi kebutuhan konsumen yang unik di kawasan kami dengan terus berinvestasi dalam inovasi. Ini menjadi sebuah langkah yang menarik dan signifikan dalam visi kami untuk memberikan nilai yang lebih besar bagi pelanggan kami di pasar yang lebih luas di Asia Tenggara," Olivier Lim, Pemimpin Dewan PropertyGuru Group, dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Selasa (1/6/2021).

Olivier menambahkan, pihaknya sangat senang menyambut REA Group bergabung dengan para investor teknologi terkemuka lainnya, seperti KKR dan TPG. Wawasan REA Group yang mendalam di sektor ini akan meningkatkan kemampuan PropertyGuru.

Sementara itu, Hamish McLennan, pemimpin REA Group, mengatakan hal yang sama. Rea Group sangat senang bermitra dengan PropertyGuru dan terkesan dengan tim manajemen yang dipimpin Hari V. Krishnan.

"Kami berharap dapat mendukung mereka dalam rencana ambisius mereka untuk digitalisasi industri properti di kawasan yang dinamis ini,” timpal Hamish.

Hari V. Krishnan, Chief Executive Officer dan Managing Director, PropertyGuru Group, menyatakan, akuisisi unit usaha REA Group di Malaysia dan Thailand merupakan tonggak penting dalam sejarah PropertyGuru. Pihaknya menyambut tim yang telah membangun bisnis REA Group di Malaysia dan Thailand.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1559 seconds (0.1#10.140)