Kemenko Marves Dukung Pengembangan Makassar New Port

Selasa, 01 Juni 2021 - 20:48 WIB
loading...
Kemenko Marves Dukung Pengembangan Makassar New Port
Rombongan Kemenko Maritim dan Investasi di Makassar New Port beberapa waktu yang lalu. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) mendukung pengembangan Makassar New Port (MNP) . Ini ditegaskan Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves, Ayodhia GL Kalake saat mengunjungi MNP akhir pekan lalu.

Ayodhia mengatakan, Kemenko Marves berharap MNP bisa berkembang. Mengingat saat pandemi, terjadi penurunan tidak hanya di sektor transportasi, perhubungan, pariwisata, tetapi hampir di semua sektor. Kondisi ini dialami hampir semua negara.

Baca Juga: Makassar New Port
“Ini satu yang menjadi arahan Bapak Presiden adalah, pembangunan infrastruktur itu harus dapat mengembangkan, tidak hanya menghubungkan tapi mengembangkan juga ekonomi setempat. Menghubungkan kawasan-kawasan industri, kawasan wisata dan kawasan ekonomi lainnya, sehingga ini akan menopang perkembangan ekonomi nasional,” kata dia.

Ayodhia juga meminta agar semua pihak mendukung pembangunan MNP . Jika ada masalah, harus dikoordinasikan.“Hal ini juga merupakan tugas dan fungsi kemenko, agar kami bisa memfasilitasi, mengkoordinasikan dan untuk kemudian membuat sinergi di antara kementerian dan lembaga. Jadi kita harapkan berbagai hambatan dan rintangan dalam pembangunan MNP dapat segera diselesaikan,” tukasnya.

Baca Juga: Pelindo IV
“Tadi juga sudah ada gagasan untuk cruise, saya kira ini menjadi suatu pelabuhan yang lengkap dan dapat menyamaratakan lokal ekonomi. Yang perlu kita pertimbangkan adalah masalah securitynya, juga safetynya, ini yang sering harus kita tekankan kembali. Kita juga berharap, ini bisa menyamaratakan lokal ekonomi dan juga ekonomi nasional dan dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat, tidak hanya di Sulsel tetapi juga di sekitarnya. Dan dapat memberikan tren positif kepada perekonomian nasional,” harap dia.

Baca Juga: PT Pelindo IV
“Kita sudah melihat pelabuhan rakyat Paotere, yang tidak hanya menghubungkan wilayah di Sulawesi, tetapi juga menghubungkan antara Maumere di Nusa Tenggara Timur, transit di Makassar, kemudian juga berangkat kembali ke Kalimantan ke Balikpapan. Ini merefleksikan bahwa pelabuhan ini sudah memegang peranan penting di dalam mendukung konektivitas khususnya juga yang bermanfaat bagi rakyat. Saya kira Pelindo IV dapat berkembang lebih besar lagi, dengan membentuk hub-hub baru selain Makassar karena coverage area-nya kan juga cukup luas, nanti kita bisa mengembangkan di Maluku, di Papua dan di Nusa Tenggara juga,” pungkas Ayodhia.

Sementara itu, Direktur Teknik PT Pelindo IV , Prakosa Hadi Takariyanto mengungkapkan bahwa pihaknya akan menjadikan MNP sebagai pelabuhan yang ikonik. “ Pelindo IV akan menjadikan Makassar sebagai jembatan tol perangkai ekonomi di Indonesia,” ujarnya.

MNP kata dia juga didesain sebagai pelabuhan internasional yang juga berkelas internasional, yang tidak kalah dengan Teluk Lamong bahkan dengan pelabuhan di Singapura. “Nanti ke depannya, semua peralatan yang ada di MNP dioperasikan melalui sistem,” tukasnya.

Baca Juga: MNP
Sedangkan untuk padat karya, saat ini ada 1.521 tenaga kerja yang terserap di MNP dan sekitar 80% merupakan padat karya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1639 seconds (0.1#10.140)