Menguak Fakta 4 Penyebab Utama Garuda Indonesia di Ambang Kebangkrutan

Jum'at, 04 Juni 2021 - 20:09 WIB
loading...
Menguak Fakta 4 Penyebab Utama Garuda Indonesia di Ambang Kebangkrutan
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, diakui oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sedang berada di ambang kebangkrutan. Berikut rangkuman sejumlah sebab utama Garuda Indonesia berpotensi gulung tikar. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, diakui oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sedang berada di ambang kebangkrutan . Seperti diketahui maskapai pelat merah itu terlilit utang puluhan triliun di tengah Pandemi Covid-19.

Kebangkrutan Garuda bisa menjadi kenyataan, jika skema restrukturisasi utang yang menjadi opsi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak disepakati oleh kreditur.



Nilai restrukturisasi utang yang ditargetkan pemegang saham pun bombastik yakni mencapai USD1,5 miliar atau setara Rp21,4 triliun (Kurs Rp 14,400 per dolar AS). Saat ini utang emiten tercatat 4,5 miliar dolar AS atau mendekati Rp70 triliun.

“Memang ada resiko kalau proses restrukturisasi ini kemudian kreditor tidak menyetujui atau akhirnya banyak tuntutan-tuntutan legal terhadap Garuda Indonesia bisa terjadi tidak mencapai kuorum dan akhirnya bisa jadi menuju kebangkrutan. Ini yang kita hindari,” ujar Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, dikutip Jumat (4/6/2021).



Adapun MNC Portal Indonesia merangkum sejumlah sebab utama kerugian Garuda Indonesia hingga berpotensi gulung tikar. Berikut fakta-faktanya:

Harga Sewa Pesawat Mahal

Menteri BUMN, Erick Thohir menyebut, harga sewa pesawat yang dipatok lessor cukup tinggi. Asumsi itu didasari atas kinerja Garuda yang mulai memburuk sejak tingkat penumpang menurun drastis selama pandemi Covid-19.

Dari 36 lessor yang menjadi mitra Garuda, sebagian memasang harga sewa pesawat mahal dan sebagian lainnya terlibat dalam kasus korupsi sebelumnya.

Efisiensi

Efisiensi pengelolaan pesawat puN menjadi masalah lain. Pemegang saham mencatat, ada beragam jenis pesawat yang dimiliki Garuda. Misalnya, Boeing 737-777, A320, A330, ATR, Bombardier.

Jenis pesawat yang banyak membuat manajemen tidak efektif mengelolanya. Sementara harga sewa yang dikeluarkan cukup tinggi.

Model Bisnis

Rute penerbangan internasional dinilai tidak menguntungkan bagi Garuda Indonesia. Dari catatan Kementerian BUMN, kontribusi penumpang mancanegara hanya mencapai 22% saja.

Jumlah itu setara Rp300 triliun yang bisa dikontribusikan. Padahal, rute domestik bisa mencapai 78% atau mampu menyumbang Rp 1.400 triliun.

Kerugian Per Bulan

Kerugian yang dialami Garuda Indonesia per bulan mencapai 100 juta dolar Amerika Serikat. Nilai itu setara dengan Rp 1,429 triliun (Kurs Rp 14.400 per dolar AS).

Kerugian maskapai penerbangan pelat merah itu disebabkan okupansi penumpang yang menurun signifikan selama pandemi Covid-19.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2348 seconds (0.1#10.140)