Alodokter Kembali Raih Pendanaan dari MDI Ventures dan Samsung Ventures

Senin, 07 Juni 2021 - 15:20 WIB
loading...
Alodokter Kembali Raih Pendanaan dari MDI Ventures dan Samsung Ventures
Platform kesehatan digital Alodokter kembali mendapatkan suntikan investasi dari MDI Ventures. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Platform kesehatan digital Alodokter kembali mendapatkan suntikan investasi dari MDI Ventures, anak perusahaan milik Telkom Group, bersama Samsung Ventures Investment Corporation (Samsung Ventures).

Dukungan MDI Ventures terhadap Alodokter merupakan lanjutan dari investasi sebelumnya yang membuktikan kepercayaan yang kuat akan pertumbuhan Alodokter serta selarasnya misi layanan publik yang dimiliki. Alodokter sendiri telah sukses menghimpun pendanaan dalam jumlah yang signifikan sejak 2019 dari para investor seperti Softbank Ventures, Sequis, Golden Gate Ventures, Philips, Heritas dan Hera Capital.

Pendanaan ini sepenuhnya akan digunakan untuk mengoptimalkan langkah strategis dalam memperluas jaringan digitalisasi ekosistem layanan kesehatan dan pengembangan produk baru di platform Alodokter.

Baca Juga: Alodokter Raih Pendanaan Perpanjangan Seri-C dari Telkom Group

Melalui anak perusahaannya, Telkom Group memiliki misi untuk mendukung inovasi dan terus berkomitmen dalam memberikan solusi kepada jutaan masyarakat di Indonesia. Saat ini MDI telah berinvestasi di lebih dari 50 startup di Indonesia dan global dengan fokus investasi di bidang Healthtech, Fintech, Agritech, Logistics, New Retail dan Deep tech.

"Alodokter telah membuktikan kematangan solusi healthcare secara komprehensif mereka. Dari telemedicine sampai asuransi, inovasi layanan kesehatan yang dikembangkan cocok untuk kebutuhan Indonesia karena mudah untuk diakses dan terjangkau. Ini sebabnya MDI berharap dukungan investasi akan membantu pertumbuhan layanan kesehatan di Indonesia melalui potensi kolaborasi dengan beberapa entitas BUMN di Indonesia," ungkap CEO MDI Ventures Donald Wihardja melalui siaran pers, Senin (7/6/2021).

Director of Enterprise & Business Service Telkom Group Edi Witjara menambahkan, dengan meningkatnya kebutuhan akan layanan kesehatan, lanjut dia, investasi yang berkesinambungan ini sejalan dengan misi Telkom untuk turut serta mengembangkan produk-produk inovatif yang ada di lingkungan SOE dan terus berkomitmen menyediakan solusi untuk jutaan masyarakat Indonesia.

Samsung Ventures sendiri secara mayoritas berinvestasi pada perusahaan-perusahaan rintisan dan korporasi yang berbasis teknologi baru serta inovatif dalam industri telekomunikasi, peranti lunak, internet, bio engineering, dan layanan Kesehatan di seluruh dunia. Samsung Ventures percaya ekosistem kesehatan Alodokter dapat terus disempurnakan hingga menjadi platform kesehatan yang paling inovatif di Indonesia.

Pendanaan ini akan semakin mewujudkan misi Alodokter untuk sebuah layanan kesehatan berbasis digital yang terpadu di Indonesia. Platform Alodokter saat ini sudah terhubung dengan lebih dari 43.000 dokter dan 1.500 rumah sakit dan klinik dengan jutaan pasien di Indonesia.



CEO dan Founder Alodokter, Nathanael Faibis mengataan, pembiayaan baru dari MDI Ventures dan Samsung Ventures akan diarahkan untuk terus menyempurnakan ekosistem layanan kesehatan Alodokter. Menurutnya, banyak lini akan dapat diperkuat seperti pada inovasi teknologi, menambah tenaga ahli, dan menambah fitur dan fungsi.

Dia menambahkan, ekspansi yang dilakukan Alodokter selalu difokuskan pada consumer experience yang cepat, akurat, dan terpercaya di platform Alodokter. Ketika layanan ekosistem ini terintegrasi lebih lanjut dengan BUMN, imbuh dia, maka lebih banyak lagi masyarakat Indonesia yang terjangkau layanan telemedicine.

"Pandemi telah meningkatkan penerimaan masyarakat terhadap telemedicine secara signifikan baik dari sisi pasien maupun dari penyedia jasa kesehatan. Kami percaya bahwa sekarang adalah momen penting untuk semakin mengintensifkan layanan kesehatan melalui teknologi digital," pungkasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1971 seconds (0.1#10.140)