Mendag Lutfi Sebut World Expo Berperan untuk Transfer Teknologi

loading...
Mendag Lutfi Sebut World Expo Berperan untuk Transfer Teknologi
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyatakan, pameran World Expo berperan penting memperkuat dan membuka kerja sama bisnis antar-negara. Kerja sama pun bersifat berkelanjutan.

Bahkan, pameran menjadi kesempatan bagi negara-negara peserta untuk melaksanakan transfer teknologi. Melalui kegiatan itu, negara peserta dapat menunjukkan tanggung jawab sosialnya terhadap masyarakat dan lingkungan.

Lutfi sendiri hadir dalam diskusi panel dalam Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg yang digelar St.Petersburg International Economic Forum (SPIEF), Rusia.

Baca juga:Kementerian ESDM Beberkan Kendala 4 Smelter yang Tahun Ini Siap Beroperasi

“Pameran seperti World Expo berperan penting dalam memperkuat dan membuka kerja sama bisnis berkelanjutan dan transfer teknologi, serta merupakan wahana bagi negara atau ekonomi untuk memperlihatkan citra budaya peradaban dan kemajuan yang telah dicapai dan akan dikembangkan di masa depan," ujar dia dalam keterangan pers, Senin (7/6/2021).

Melalui pameran, negara peserta dapat menunjukkan tanggung jawabnya. Tidak hanya bagi masyarakat dunia dan lingkungannya, tapi juga bagi generasi yang akan datang.



Lutfi mencatat, gelaran Expo 2020 di Dubai beberapa waktu lalu, Indonesia mampu memperkenalkan perkembangan dan kemajuan di berbagai bidang ekonomi yang berkelanjutan. Bahkan, sistem demokrasi sosial dan budaya, serta kemajuan strategis lain pun ditunjukan.

"Dalam Expo ini, Indonesia ingin membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia juga telah dan akan terus berperan terhadap isu-isu strategis global, seperti sustainability, global responsibility, dan development," tutur dia.

Pemerintah Indonesia memang berkomitmen untuk memperbaiki aspek lingkungan sesuai tingkat perkembangan dan kemajuan ekonominya. Upaya itu dilakukan pemerintah dan swasta hingga menggandeng negara lain dan lembaga internasional.

Baca juga:Para Petinggi PKS Temui Sri Sultan HB X, Bahas Apa?



Indonesia juga tengah mengalami transformasi di berbagai sektor baik pendidikan hingga bisnis. Transformasi tersebut dinilai penting mengingat banyak industri di Tanah Air yang terdisrupsi akibat pesatnya perkembangan teknologi informasi. Dengan transformasi Indonesia mampu meningkatkan produk domestik bruto (PDB).

“Dalam proses transformasi itu, Indonesia membutuhkan dan membangun teknologi digital dan berbagai aspek terkait lainnya, termasuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusianya, melalui pengembangan infrastruktur digital agar setiap sekolah di seluruh wilayah Indonesia bisa mengakses internet,” tutur dia.
(uka)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top