Suntik Rp7,15 Triliun, Warren Buffet Investasi ke Bank Digital

loading...
Suntik Rp7,15 Triliun, Warren Buffet Investasi ke Bank Digital
CEO Berkshire Hathaway Inc. Warren Buffett. FOTO/REUTERS
JAKARTA - Warren Buffett melalui perusahaannya Berkshire Hathaway Inc. menginvestasikan USD500 juta atau Rp 7,15 triliun (kurs Rp 14.300) di Nubank Brasil, sebuah bank digital di Brasil. Bank digital tersebut tumbuh cepat dan terus memperluas jejaknya di seluruh Amerika Latin. Dilansir dari Reuters, Rabu (9/6) Nubank, yang dikenal sebagai penerbit kartu kredit, telah mengumpulkan tambahan USD250 juta dari serangkaian investor lain. Investasi baru tersebut memberi Nubank penilaian sebesar USD30 miliar naik dari USD25 miliar pada saat putaran penggalangan dana sebelumnya.

Bank pemula itu bernilai hanya sedikit di bawah Banco Santander Brasil SA, sebagai bank No. 3 Brasil, yang memiliki lebih dari 2.000 cabang. Transaksi ini juga membuat Nubank setara dengan startup pialang Robinhood Markets Inc dan Lufax China tetapi masih jauh di belakang Ant Group. Nubank, yang memiliki 40 juta nasabah tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya berencana untuk menggunakan dana tersebut untuk mendanai ekspansi internasionalnya ke Meksiko dan Kolombia dengan meluncurkan produk dan layanan baru dan mempekerjakan lebih banyak karyawan.

Baca Juga: Jadi Bank Digital, Motion Digital MNC Bank Rekrut Pendiri Fintech Cashlez Teddy Tee

Kedatangan investor papan atas seperti Warren Buffet, yang biasanya berinvestasi di perusahaan publik, memberikan petunjuk tentang seberapa dekat Nubank dengan listing. Sebelumnya pada bulan April, Reuters telah melaporkan bahwa Nubank telah memulai persiapan untuk daftar pasar saham AS yang dapat dilakukan pada awal tahun ini, menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut.



Nubank adalah taruhan kedua Warren Buffett pada startup keuangan Brasil. Berkshire Hathaway miliknya juga mengakuisisi saham di perusahaan pembayaran StoneCo Ltd hampir tiga tahun lalu, ketika go public. Sebuah pasar keuangan yang sangat terkonsentrasi, di mana lima pemberi pinjaman teratas memegang hampir 78% dari total aset negara, Brasil telah menjadi sarang pertumbuhan fintech. Perbankan online telah mengurangi biaya untuk pendatang baru dan bank sentral telah menciptakan aturan baru untuk mendorong persaingan, yang bertujuan untuk menurunkan biaya dan suku bunga bagi konsumen.

Baca Juga: Prospek Bank Digital Sangat Besar, HT: Suatu Saat Akan Gantikan Bank Konvensional

Putaran pendanaan baru Nubank senilai USD750 juta adalah bagian dari putaran penggalangan dana seri G, yang totalnya mencapai USD1,15 miliar. Bagian awal dari putaran seri G diumumkan pada bulan Januari. Peserta lain dalam putaran tersebut termasuk Sands Capital, Canada Pension Plan Investment Board, MSA Capital, Advent's Sunley House Capital dan manajer aset Brasil Verde Asset Management dan Absoluto Partners.
(nng)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top