Wamendag Jerry Ajak Emil Dardak Optimalkan Perdagangan Jawa Timur

Jum'at, 11 Juni 2021 - 22:16 WIB
loading...
Wamendag Jerry Ajak Emil Dardak Optimalkan Perdagangan Jawa Timur
Foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menegaskan bahwa pemeritah berkomitmen untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga kebutuhan pokok. Kedua hal itu saat ini menjadi fokus dan prioritas Kementerian Perdagangan .

Menurutnya, pasokan dan harga terkendali menjadi salah satu indikator dalam menghadirkan negara dan menunjukkan keberpihakan pemerintah kepada rakyat.

"Arahan Presiden bahwa masyarakat harus bisa mendapatkan pasokan kebutuhan dengan baik dan harganya terjangkau. Ini harus dikawal," kata Jerry pada Jumat (11/6/2021).

Pernyataan itu disampaikan dalam kunjungan Wamendag ke Jawa Timur berkaitan dengan fungsionalisasi dan optimalisasi sistem resi gudang (SRG). Jerry pun mengajak pemerintah daerah agar bersinergi dengan pemerintah pusat dalam perdagangan kebutuhan pangan.

Baca juga: Polemik Pajak Sembako Muncul karena Ketidakpercayaan pada Berbagai Kebijakan Pemerintah

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menyambut ajakan sinergi Wamendag Jerry Sambuaga untuk optimalkan perdagangan di Jawa Timur.

"Kami menyambut baik dan siap bersinergi dengan Kemendag untuk optimalisasi perdagangan Jawa Timur. Pak Wamen sendiri memberikan atensi khusus dalam perdagangan masyarakat sebagai salah satu instrumen untuk membangkitkan ekonomi dari dampak Covid-19," kata Wagub Jatim Emil Dardak.

Jawa Timur adalah salah satu kontributor penting ekonomi nasional baik dari sisi perdagangan, produksi maupun ekonomi secara umum. Menurut data, PDRB Jatim menyumbang 14,57% dari PDB Nasional. Karena itu Jatim menjadi salah satu daerah yang diberikan perhatian khusus oleh Wamendag.

Untuk itu, Jerry mendorong agar Pemda Jawa Timur memanfaatkan fungsionalisasi dan mengoptimalkan peran sistem resi gudang (SRG).

"Kemendag sudah menghibahkan Gudang SRG ke pemda. Karena itu pelaku utamanya saat ini adalah daerah sendiri. Itulah sebabnya saya tak bosan-bosan ke daerah dalam rangka sosialisasi dan mengajak bupati dan anggota legislatif untuk mendukung agat SRG berfungsi sebagaimana mestinya," kata Jerry.

Baca juga: Ridwan Kamil Sebut Orasi Ilmiah Megawati Penuh Nasihat Mencerahkan

Menanggapi hal itu, Emil mengtakan bahwa pihaknya ingin agar BUMD juga dilibatkan dalam pemberdayaan SRG. "Saya berharap dengan begitu SRG bisa berfungsi optimal dalam kesejahteraan masyarakat sekaligus dalam menyumbang pendapat asli daerah (PAD)," ujar Emil.

Selain itu kedua pejabat muda itu juga sepakat mengenai pengembangan ekspor nasional. Jawa Timur menjadi salah satu sentra ekspor khususnya dari Indonesia Timur. Sebab, Surabaya dengan pelabuhan Tanjung Perak mempunyai sistem logistik dan transportasi level internasional.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8884 seconds (0.1#10.140)