Daftar Kilang Pertamina yang Pernah Dilalap Si Jago Merah

Minggu, 13 Juni 2021 - 10:30 WIB
loading...
A A A
Kilang Minyak Balikpapan

Di Balikpapan, Kalimantan Timur, api juga menghanguskan kilang V. Kejadian itu terjadi pada Jumat, 19 Juni 2020. Berdasarkan informasi, kobaran api berasal dari salah satu area Hydrocracker Unit Plant 3B.

Pihak Pertamina memastikan kejadian di area tersebut tidak sampai mengganggu produksi kilang. Tak hanya itu, insiden ini juga tidak menimbulkan korban dan dampak yang luas.

Kilang Balongan

Tepat pada 2 April 2021 kemarin, tangki T-301 di kawasan Kilang RU VI di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, dikabarkan kembali mengeluarkan semburan api pada Kamis malam, tepatnya pukul 22.00 WIB.

Saat insiden terjadi, manajemen Pertamina memastikan proses investigasi penyebab kebakaran tersebut. Berdasarkan data BPBD Kabupaten Indramayu, sedikitnya ada 15 orang yang mengalami luka ringan, sedangkan luka berat sebanyak 5 orang.

Tak hanya korban luka, akibat peristiwa ini sejumlah warga yang tinggal dekat area tersebut diungsikan di dua lokasi pengungsian. Tercatat, sebanyak 520 warga mengungsi.

Jauh sebelum kejadian ini, Kilang Balongan juga pernah terbakar pada Oktober 2007 silam. Namun, kobaran api kala itu tak merusak fasilitas produksi yang signifikan dari kilang minyak tersebut.

Sebelumnya, kebakaran juga pernah terjadi di kilang minyak Balongan pada tahun 2019. Si jago merah berkobar di area boiler penyuplai gas untuk mendukung kegiatan kilang minyak. Insiden kebakaran yang terjadi pada hari Senin, 4 Januari 2019 sekira pukul 09.40 WIB ini tidak ada korban jiwa.

Baca juga:Preview Timnas Inggris vs Kroasia: Panggung Bintang Muda
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1045 seconds (0.1#10.140)