Erick Thohir di Depan Pentolan HMI: Banyak Bicara Politik, Tapi Gak Ada Entrepreneurship

loading...
Erick Thohir di Depan Pentolan HMI: Banyak Bicara Politik, Tapi Gak Ada Entrepreneurship
Menteri BUMN, Erick Thohir ogah bicara politik saat bertemu dengan pentolan HMI yang menurutnya minimnya sikap kewirausahaan menjadi masalah saat ini. Foto/Dok
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengungkapkan, banyak kesempatan buat anak muda untuk masuk di jajaran perusahaan negara. Meski begitu, tidak semua karakter kewirausahaan (entrepreneurship) dimiliki generasi muda.

Baca Juga: Erick Thohir: Pimpinan Muda BUMN Bukan Beban, Apalagi Ancaman

Menurut dia, minimnya sikap kewirausahaan menjadi masalah saat ini. Perkara tersebut membuat tidak semua orang bisa bergabung ke dalam jajaran perseroan pelat merah. Justru keadaan saat ini, wacana politik lebih dominan daripada sikap bisnis.

"Tadi disampaikan Pak Mahfud sangat clear, jadi pintunya banyak, ayo gabung-gabung, tapi masalahnya sudah dijawab, entrepreneurship-nya ngak gak ada. Jadi ketika bicara politik banyak, tapi entrepreneurship gak ada," ujar Erick dalam gelaran Halal Bi halal Majelis Nasional KAHMI l, Senin (14/6/2021).

Mantan Bos Inter Milan itu juga menuturkan pertemuannya dengan Ketua Umum Terpilih Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) periode 2021-2023, Raihan Ariatama. Dalam pertemuan itu, Erick memilih berdialog perihal perihal program dari Komunitas Rabu hijrah.

Komunitas tersebut memang kerap menggelar talkshow yang bertemakan kebangkitan ekonomi umat atau ekonomi nasional. Erick sendiri tercatat beberapa kali mengisi acara yang digelar komunitas Rabu Hijrah baik sebagai Menteri BUMN ataupun Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).



Dia mengakui, saat itu Raihan cukup kaget, karena dia enggan membahas perihal dinamika politik nasional saat ini. Baca Juga: Permintaan Khusus Erick Thohir: Pemimpin Senior BUMN Diminta Legowo Digeser Anak-anak Muda

"Ketika itu, saya menerima saudara Raihan waktu itu terpilih menjadi ketua BP HMI , mungkin saudara raihan juga terkaget-kaget, karena waktu itu bicaranya politik, tetapi saya sampaikan kepada saudara Raihan soal program yang namanya Rabu hijrah," kata dia.

Pilihan topik perihal kebangkitan ekonomi nasional urgen diwacanakan saat ini. Erick menilai, program yang digarap Rabu Hijrah atau kegiatan Kementerian BUMN bisa disinergikan dengan PB HMI. Karena hal itu bernilai edukasi.

"Kenapa program itu nggak disinergikan antara kita dengan HMI, justru mengedukasi generasi mudah HMI, supaya lebih paham ekonomi," tutur dia.
(akr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top