IHSG Masih Rawan Koreksi, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

loading...
IHSG Masih Rawan Koreksi, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi akan terkoreksi pada perdagangan hari ini. Pergerakan indeks akan berada di kisaran 6.050-6.096. Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi mengatakan, secara teknikal IHSG mengkonfirmasi pola bearish counter attack dan false break resistance dengan pelemahan menguji kembali support moving average 5 hari. Indikator Stochastic dan RSI menjenuh pada area dekat overbought dengan MACD bergerak pada kondisi overvalue.

"Sehingga secara teknikal IHSG masih dapat berpotensi melemah dengan support resistance 6.050-6.096," ujar Lanjar dalam risetnya, Selasa (15/6/2021).

Baca Juga: 309 Saham Melemah, IHSG Terperosok 15 Poin ke Level 6.080

Saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal diantaranya; ACES, ASRI, BNGA, BSDE, INTP, JSMR, PWON, SMRA, UNVR. Sebelumnya, IHSG ditutup melemah 15,11 poin atau 0,25% ke level 6.080 dengan saham-saham disektor Industri (-2.27%), Transportasi (-1.94%) dan Konsumsi primer (-1.51%) memimpin pelemahan.

Investor seakan mencari langkah aman dari penguatan IHSG dipekan lalu yang telah naik cukup optimis. Terancamnya pemulihan ekonomi indonesia akibat lonjakan kasus covid-19 dan adanya taper tantrum yang terjadi di AS menjadi alasan investor. Investor asing tercatat melakukan aksi beli bersih sebesar Rp337,39 miliar dengan saham BBRI, MDKA, BMRI, TLKM dan GGRM yang menjadi top net buy value investor asing.

Sementara itu, Bursa Asia ditutup mayoritas menguat dengan indeks Nikkei (+0.74%) dan TOPIX (+0.29%) ditutup naik disaat beberapa wilayah di Asia alami libur bursa. Ekuitas berjangka dan saham AS naik moderate pada hari senin karena investor bersiap untuk pertemuan penting The Fed akhir pekan ini dalam prospek arah kebijakan selanjutnya.



Baca Juga: Rebound, IHSG Dibuka Melesat ke Level 6.100

Bursa Eropa membuka perdagangan dengan menguat. Indeks Eurostoxx (+0.26%), FTSE (+0.35%), DAX (+0.18%) dan CAC40 (+0.34%) naik kezona positif. Penguatan bursa Eropa dipimpin oleh saham perusahaan energy yang kembali optimis. Minyak memperpanjang kenaikan tiga mingguannya di tengah optimisme bahwa pembukaan kembali ekonomi akan meningkatkan permintaan musim panas di AS dan Eropa.

Selanjutnya investor akan menanti hasil Uni Eropa-AS KTT berlangsung di Brussel dan Data produksi industri AS, harga produsen dan penjualan ritel pada hari selasa. Dari dalam negeri data aktifitas perdagangan Indonesia beserta data impor dan ekspor akan menjadi katalis pada perdagangan selanjutnya.
(nng)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top