Tips Maksimalkan Cuan dari MNC Sekuritas: Cermati 3 Manfaat Indeks Saham Ini

Selasa, 15 Juni 2021 - 11:13 WIB
loading...
Tips Maksimalkan Cuan dari MNC Sekuritas: Cermati 3 Manfaat Indeks Saham Ini
Ilustrasi. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Saat memulai investasi saham , mungkin ada sebagian orang bertanya-tanya, apa itu indeks saham dan kegunaannya. Indeks saham dibuat bukan tanpa tujuan. Ada beberapa kegunaan dari indeks saham. Salah satu indeks saham yang ada di Bursa Efek Indonesia dan banyak disebut-sebut oleh pelaku pasar modal adalah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).



Head of Marketing Online Trading MNC Sekuritas Thomas Hadibowo mengungkapkan, indeks saham merupakan ukuran statistik mengenai seluruh pergerakan harga atas sekumpulan saham sesuai dengan kriteria dan metodologi tertentu dan dievaluasi secara berkala. Indeks saham sendiri dapat digunakan untuk mengukur kinerja pasar modal dan produk investasi.

“Indeks saham memiliki sejumlah manfaat untuk investor. Misalnya, untuk mengetahui gambaran pergerakan harga saham secara keseluruhan melalui IHSG, menjadi acuan kinerja portofolio saham dan dapat digunakan untuk mengukur keuntungan,” jelas Thomas.



1. Gambaran Pergerakan Harga Saham Secara Keseluruhan
Manfaat pertama adalah mengetahui gambaran pergerakan harga saham. Anda dapat mengetahui seperti apa pergerakan saham dengan memantau IHSG. Jika IHSG naik maka dapat disimpulkan bahwa harga saham yang naik lebih banyak dari harga saham yang turun, begitu pun sebaliknya.

2. Acuan Kinerja Portofolio Saham
Selain itu, indeks saham juga dapat Anda gunakan untuk menjadi acuan portofolio aktif. Penilaian kinerja portofolio saham tentu memerlukan acuan untuk pembanding. Contohnya, jika Anda ingin menginvestasikan saham Anda pada sektor keuangan, maka indeks yang lebih tepat untuk Anda gunakan adalah indeks sektor keuangan, bukan IHSG.

Jika Anda ingin berinvestasi saham secara syariah, Anda juga dapat melirik saham-saham yang termasuk di dalam daftar indeks saham syariah seperti Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) atau Jakarta Islamic Index (JII). Sebelum memilih ingin berinvestasi di saham syariah yang mana, Anda dapat menggunakan ISSI atau JII sebagai acuan kinerja portofolio saham Anda.

4. Pengukur Tingkat Keuntungan
Indeks saham juga dapat Anda gunakan untuk mengukur tingkat keuntungan. Investasi saham yang Anda lakukan, dirancang untuk jangka panjang, misalnya selama 5 tahun. Dengan demikian, investor dapat mengukur rata-rata kenaikan harga saham per tahun dengan melihat indikator IHSG dalam lima tahun.

Contohnya, IHSG pada tahun 2013 adalah 5.225 sedangkan IHSG pada tahun 2018 adalah 6.187. Ini berarti terdapat kenaikan IHSG sebesar 18,41% dalam jangka waktu 5 tahun atau tumbuh 3,68% per tahun. Dengan menghitung rata-rata kenaikan IHSG tersebut, Anda dapat mengevaluasi portofolio saham Anda, apakah imbal hasil yang Anda peroleh dari saham Anda berada di atas, setara atau di bawah rata-rata imbal hasil IHSG.

Kabar baik untuk Anda yang ingin berinvestasi saham. MNC Sekuritas Traktir Investor hadir kembali di bulan Juni hingga Juli 2021. Pada Promo TRAKTOR Vol. 2 ini, raih hadiah langsung e-voucher Shopee senilai Rp100.000,- untuk setiap pembukaan rekening saham secara online melalui aplikasi MNC Trade New.

Promo ini berlaku untuk investor baru yang belum pernah membuka rekening saham di MNC Sekuritas. Ada juga hadiah 10 sepeda motor matic untuk Anda yang paling banyak mengajak teman di akhir periode promo. Informasi selengkapnya melalui link: bit.ly/promotraktor2!
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1335 seconds (0.1#10.140)