Tren Jangka Pendek IHSG Aman Jika Tak Sentuh Level 5.972

loading...
Tren Jangka Pendek IHSG Aman Jika Tak Sentuh Level 5.972
Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di zona hijau pada penutupan perdagangan hari ini. Indeks ditutup naik 0,14% ke level 6.089. Founder and CEO EMTrade Ellen May mengatakan, tren jangka pendek IHSG masih aman. Walau di sesi pertama indeks sempat turun, pada penutupan sesi kedua IHSG berhasil menguat.

“Perkiraan saya selama koreksi IHSG ini tidak mencapai angka 5.972, itu tren jangka pendeknya masih aman. Nah, tapi kalau IHSG menembus ke bawah 5.972 maka trennya dalam jangka pendek akan kembali melambat lagi,” ujarnya dalam acara 2ND Session Closing Market IDX Channel, Selasa (15/6/2021).

Baca juga: Terlunta-lunta di Awal, IHSG Akhirnya Ditutup Menguat ke Level 6.089

Menurut Ellen, dengan ditutup menguat pada sore ini, secara grafik ada kemungkinan IHSG akan membentuk pola higher low. “Jadi, low-nya yang pada 9 Juni itu di 5.972 hari ini sudah mulai hijau dan kemungkinan besok bisa hijau lagi. Kalau besok hijau, artinya itu mengonfirmasi terbentuknya higher low dan itu sebuah tanda yang bagus buat IHSG breakout dari resistance 6.117,” paparnya.

Dia melanjutkan, resistance 6.117 merupakan level yang cukup sakral. Selain itu, resistance 6.117 juga sulit untuk ditembus IHSG dalam beberapa waktu ke belakang.

“Resistance 6.117 ini merupakan resistance yang cukup sakral yang susah ditembus dari tanggal 9 April, 16 April, kemudian sekitaran 3 Juni, dan yang terakhir 11 Juni kemarin,” jelasnya.



Baca juga: Tenang! Pelemahan IHSG Saat Ini Cuma karena Aksi Ambil Cuan

Kemudian, jika resistance 6.117 berhasil ditembus, maka nantinya IHSG akan mengonfirmasi fase up tren. “Jadi, kalau empat kali mau ditembus nggak tembus-tembus, begitu sudah ditembus nanti ini akan confirm up tren. Nah, kalau confirm up tren jika breakout dari 6.117, IHSG berpotensi untuk menguji level resistance yang berikutnya yakni kisaran 6.400 – 6.500,” tutupnya.
(ind)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top