Sustainable Energy Jadi Fokus Bisnis Bakrie ke Depan

Jum'at, 25 Juni 2021 - 20:48 WIB
loading...
A A A
Sebagai pemesanan pertama, Bakrie Autoparts akan memasok 30 unit bus listrik, 20 unit di antaranya telah siap digunakan oleh Transjakarta di Juni 2021. “Spesifikasi dan kapasitas bus yang digunakan ini sama dengan bus saat ujicoba, dengan lantai rendah (lowdeck), dan direncanakan untuk penggunaan di rute-rute eksisting Transjakarta,” kata Dino.

(Baca juga:2021, Transjakarta Target Operasikan 100 Unit Bus Listrik)

Ke depan, Perseroan siap menyediakan 70 unit lainnya untuk memenuhi target Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebanyak 100 unit bus listrik di 2021. Unit yang akan diproduksi ini nantinya berupa Completely Knocked Down (CKD) yang akan dirakit oleh perusahaan perakitan (karoseri) lokal.

Saat ini, Bakrie Autoparts telah menyelesaikan pengerjaan satu unit bus listrik di perusahaan karoseri tersebut dan siap menerima pesanan dari Transjakarta. “Kita juga sudah bekerjasama dengan produsen dan penyedia charger local. Ini dilakukan demi mengedepankan peningkatan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Produsen charging station ini juga sudah siap untuk produksi massal dan sudah memenuhi aturan perlistrikan yang berlaku,” tutur Anindya.

Anindya menambahkan, akhir tahun ini Perseroan berencana melakukan ground breaking fasilitas kendaraan listrik di atas lahan seluas 5 hektare di Bakauheni, Lampung. Fasilitas assembly line ini konstruksinya direncanakan berlangsung selama 6 bulan dengan nilai investasi sekitar USD50 juta.

Anin juga menyebutkan tentang besaran nilai working capital yang disiapkan untuk pengembangan proyek bus listrik ini. “Sekitar USD30 juta,” ungkapnya.

PLTS Selayar

Melalui anak usaha PT Bakrie Power, BNBR belum lama ini menyepakati kerja sama dengan PT PLN (Persero) dalam proyek pengadaan dan pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Hybrid di Desa Parak, Bontomanai, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan. Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan bersama-sama dengan mitra kerja PT Dipa Jaya Sejahtera dan PT Syntek Otomasi Indonesia.

Anin menyampaikan bahwa PT Bakrie Power memang menjadi unit usaha yang selama ini berfokus pada pengembangan sektor energi di Indonesia. Saat ini dan di masa depan, sumber energi yang ramah lingkungan semakin menjadi prioritas.

(Baca juga:PLTS Jadi Primadona, Biaya Investasi Turun Jauh hingga 80%)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1543 seconds (0.1#10.140)