Bisnis Kuliner Ngehits di Tengah Pandemi, Magfood Bagikan Kiat Manajemen Produksi UMKM Pangan

Sabtu, 03 Juli 2021 - 12:12 WIB
loading...
Bisnis Kuliner Ngehits di Tengah Pandemi, Magfood Bagikan Kiat Manajemen Produksi UMKM Pangan
Para peserta kegiatan Magfood Training Center sebelum pandemi Covid-19. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah memukul banyak sektor perekonomian tapi juga menjadi berkah bagi sejumlah bidang usaha tertentu seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pangan.

Tak dimungkiri banyak pelaku usaha makanan dan minuman skala besar maupun UMKM yang mengalami stagnansi bahkan gulung tikar imbas pandemi. Di sisi lain, tak sedikit UMKM baru bermunculan memanfaatkan momentum di mana masyarakat dianjurkan lebih banyak beraktivitas di rumah saat pandemi.

Meski terkesan musiman, semangat para pelaku UMKM baru maupun yang lama untuk bangkit di tengah pandemi patut diacungi jempol. Tak menutup kemungkinan, dengan tata kelola yang baik bisnis makanan dan minuman yang lahir dari kondisi pandemi ini bisa berkelanjutan dan berkembang.

Namun, keberlanjutan suatu bisnis salah satunya juga ditentukan oleh tata kelola atau manajemen yang baik. Hal inilah yang belum banyak dipahami dan dijalankan oleh pelaku UMKM pemula.



Berangkat dari hal tersebut, PT MagFood Inovasi Pangan, perusahaan yang bergerak di bidang food seasoning serta business & product development, tergerak untuk membantu para pelaku UKM untuk mengatasi berbagai permasalahan yang kerap dihadapi.

Kali ini, Magfood Training Center akan kembali menggelar seminar online alias webinar bertajuk “Manajemen Produksi UMKM Makanan”. Melalui ajang ini diharapkan para pelaku UMKM makanan bisa belajar manajemen produksi yang baik agar lebih kompetitif serta mampu menghasilkan produk yang berkualitas.

Marketing Support Magfood, Lala mengatakan, webinar akan digelar pada Kamis, 15 Juli 2021 pukul 09.00-12.30 WIB dengan narasumber Founder & CEO PT. Magfood Inovasi Pangan dan PT. Magfood Amazy Internasional, Yanty Melianty Isa.

“Sama dengan sebelumnya, webinar online ini akan membahas berbagai materi, mulai dari ruang produksi, standar peralatan yang digunakan industri, hygiene pekerja, alur produksi, dan membuat SOP (Sistem Operating Prosedur)," kata Lala, Sabtu (3/7/2021).



Dia melanjutkan, para peserta juga akan diajarkan cara mempersiapkan audit pemeriksaan sarana oleh balai atau PSB sebelum registrasi izin edar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BOPM). Sebagai catatan, izin edar BPOM merupakan salah satu tolok ukur masyarakat dalam memilih produk untuk dikonsumsi. Izin ini sangat dibutuhkan oleh UMKM dalam pemasaran dan sebagai salah satu pengungkit daya saing produk baik lokal maupun internasional.

Lebih lanjut, Lala menyampaikan bahwa pada saat acara webinar berlangsung, peserta juga bisa berkonsultasi langsung dengan tim Magfood dan bergabung dalam Komunitas UMKM.

"Bagi yang berminat, peserta dapat melakukan pendaftaran melalui link http://bit.ly/webinarmagfood-2 dan membayar biaya pendaftaran Rp100 ribu per orang. Batas pendaftaran terakhir Rabu, 14 Juli 2021," jelas dia seraya menambahkan bahwa seluruh peserta akan mendapatkan e-sertifikat dari Magfood.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3138 seconds (0.1#10.140)