Mendag Lutfi Jamin Harga Bahan Pokok Stabil Selama PPKM Darurat

Senin, 05 Juli 2021 - 18:42 WIB
loading...
Mendag Lutfi Jamin Harga Bahan Pokok Stabil Selama PPKM Darurat
Menteri Perdagangan (Mendag) Muhamad Lutfi. Foto/Dok Kemendag
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi memastikan ketersediaan bahan pokok aman selama penerapan PPKM darurat pada 3-20 Juli 2021. Harganya pun diklaim stabil.

Dia menyontohkan perbandingan harga antara bulan Juni dan Juli 2021. Untuk beras premium misalnya, harganya Rp12.400 per kg pada tanggal 2 Juni lalu. "Dari tanggal 2 Juli hingga hari ini, harganya tidak jauh berbeda, sekarang Rp12.300 per kg," ujarnya dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Senin (5/7/2021).



Lutfi menyatakan bahwa semuanya berjalan dengan baik. Begitu juga dengan gula pasir yang stabil antara Juni dan Juli, dengan harga tetap di Rp13 ribu per kg.

"Hal yang sama juga dengan minyak goreng. Yang kemasan sederhana harganya Rp13.900 per liter pada 2 Juni lalu, dan per hari ini harganya Rp14.100 per liter, ada kenaikan sedikit karena tingginya harga CPO pada bulan-bulan sebelumnya," bebernya.

Untuk barang-barang lain harganya hampir sama jika dibandingkan bulan lalu, seperti daging sapi yang masih konsisten. Harganya pada hari ini Rp126 ribu per kg, sementara bulan lalu berada di posisi Rp126.100 per kg.



Dia mengatakan bahwa barang dan bahan pokok seperti daging ayam ras, telur ayam ras, bawang merah, kedelai, dan tepung terigu juga konsisten harganya dan stabil. Namun, Lutfi mencatat bahwa ada kendala sedikit dengan naiknya harga cabai.

"Untuk cabai merah keriting dan rawit merah ada kenaikan dibandingkan bulan lalu, tetapi tidak perlu khawatir karena Banyuwangi sudah mendekati masa panen sehingga harganya akan turun lagi," pungkasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3911 seconds (0.1#10.140)