Pandemi Belum Usai, Bakal Banyak Mal yang Tumbang?

Rabu, 07 Juli 2021 - 22:39 WIB
loading...
Pandemi Belum Usai, Bakal Banyak Mal yang Tumbang?
Suasana mal di Jakarta. Foto/Dok SINDOphoto/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Sektor ritel di Indonesia terutama pusat perbelanjaan atau mal kemungkinan masih akan mengalami jatuh bangun di tengah pandemi Covid-19 yang belum tahu kapan akan berakhir.

Head of Research Colliers Indonesia, Ferry Salanto mengatakan, meskipun ada Pondok Indah Mall 3, Aeon Mall Tanjung Barat, dan tiga mal baru di area Bodetabek di penghujung 2021, masih banyak sektor ritel lainnya yang sampai harus tutup permanen karena tak ada pengunjung.

"Mal sangat bergantung dari trafik, jadi tidak menutup kemungkinan banyak yang gugur dengan menutup permanen," ujarnya dalam jumpa pers secara virtual di Jakarta, Rabu (7/7/2021).



Meski begitu, Ferry memaparkan bahwa kondisi usaha di bidang ritel, walau ada dampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro, sejumlah indikasi telah menunjukkan potensi pemulihan ekonomi.

Berdasarkan data Colliers, total pasok ruang sektor ritel di Jakarta tercatat 4,86 juta meter persegi, sedangkan di wilayah Bodetabek tercatat 2,84 juta meter persegi.

Ferry mengaku bahwa PPKM dan pandemi yang tak kunjung usai membuat beberapa sektor cukup berat, terlebih ritel baik bagi pengelola mal maupun penyewa gerai di dalam pusat perbelanjaan itu sendiri, karena tingkat trafik atau kunjungan berkurang drastis sebagai dampak dari pandemi.



Adapun selama pandemi pusat perbelanjaan cenderung tidak merubah tarif sewa. Akibatnya, tarif sewa cenderung stabil selama semester pertama 2021. Sedangkan biaya pemeliharaan akan naik karena beroperasinya pusat perbelanjaan baru sehingga memengaruhi perhitungan.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2247 seconds (0.1#10.140)