Jadi Garda Terdepan, Buruh Pabrik Oksigen Bakal Divaksin Covid

Kamis, 08 Juli 2021 - 10:56 WIB
loading...
Jadi Garda Terdepan, Buruh Pabrik Oksigen Bakal Divaksin Covid
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah dalam waktu dekat akan melaksanakan program vaksinasi Covid-19 untuk buruh pabrik oksigen. Sebagaimana diketahui, pekerja pabrik oksigen juga menjadi garda terdepan dalam mengamankan pasokan oksigen di rumah sakit dalam upaya penanganan Covid-19.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan pabrik oksigen strategis untuk membantu pasien Covid-19. Saat ini, terjadinya kelangkaan tabung oksigen di sejumlah rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Jakarta dan beberapa wilayah lain di Indonesia.

"Untuk pabrik oksigen tadi juga kita bicara bahwa ini menjadi tempat strategis hari ini, karena itu, tadi pemerintah bilang pabrik oksigen akan diberikan vaksin secepatnya," ujar Erick, Kamis (8/7/2021).

Baca Juga: Dikepung Varian Covid, Apa Kabar Kinerja Perbankan RI?

Selain vaksinasi, pemerintah juga meminta agar PT PLN (Persero) mendorong proses produksi oksigen dengan menyediakan sistem kelistrikan yang handal. "Akan dibantu juga terapi-terapi, dan obat segala, dan tentunya listrik, yang tidak kalah pentingnya.

Saya rasa, memang kita harus antisipasi dua minggu kedepan sepertinya yang disampaikan. Hari ini juga saya ingin pastikan ketersediaan listrik juga bisa terjaga untuk RS, puskesmas, dan pabrik oksigen yang sangat diperlukan untuk hari ini," katanya.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mencatat pentingnya pasokan oksigen untuk kebutuhan medis dalam situasi pandemi Covid-19. Pernyataan tersebut sekaligus merespons instruksi Kementerian BUMN.

Dia mencatat, pentingnya pasokan oksigen di tengah lonjakan kasus Covid-19 dalam negeri, sudah dibahas dalam rapat koordinasi dengan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri perindustrian Arifin Tasrif bersama PLN dan Produsen oksigen di Jawa dan Bali.



Dalam rapat tersebut, ditekankan semua wajib memberikan kontribusi dalam penyediaan oksigen untuk kebutuhan medis. "Kami berkomitmen memberikan semua sumber daya, kemampuan, kekuatan PLN untuk membantu dan memastikan keandalan pasokan listrik bagi pelanggan, khususnya yang menjadi prioritas dalam penanganan pandemi Covid-19," kata Zulkifli.

Untuk itu, pegawai PLN yang secara tugasnya kritikal, seperti dispatcher, operator, pemeliharaan, penanganan gangguan, regu Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), call center, security, pelaksana dan pengawas proyek di lapangan, akan tetap bekerja seperti biasa namun tetap dengan menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

Saat ini, PLN berkomitmen memberikan keandalan pasokan listrik bagi 29 Pabrik Produsen Oksigen (Objek Super Prioritas) yang tersebar di Jawa Bali yaitu PT Samator Group, PT Air Product, PT Air Liquide, PT Linde dan PT Iwatani. Selain itu, PLN juga membentuk Tim Teknis untuk berkoordinasi mencari solusi dan membantu pelanggan. Komunikasi dan kolaborasi antara PLN dan pelanggan dinilai meningkatkan pasokan listrik.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3481 seconds (0.1#10.140)